telset

IDC Optimis Pasar PC Akan Meningkat di 2013

SAM_0126

Jakarta – Setelah mengalami penurunan di 2012 hingga 2 persen dari tahun sebelumnya dengan total jumlah pengapalan 5,2 juta unit. Meski terjadi penurunan, International Data Corporation (IDC) cukup optimis di 2013 ini adanya peningkatan untuk permintaan PC (personal computer) Di Indonesia.

Hal ini disebabkan adanya daya tarik harga yang akan mempunyai dampak terhadap pasar konsumen dan juga tingginya pembelanjaan di pasar komersial.

“Konsumen sekarang mencari perangkat, yang memberikan kinerja yang baik, ditambah dengan desain yang ramping dan tetap stylish. Ketika vendor mampu menggabungkan unsur-unsur tersebut dalam satu perangkat disertai dengan harga yang ekonomis. kami percaya hal ini merupakan kombinasi yang dapat memenangkan persaingan”, kata Deddie Sionader, Market Analyst, IDC Indonesia di Jakarta (11/3).

Di segmen konsumer, IDC mencatatkan pertumbuhan 16,5 persen dalam pengapalan konsumer notebook sampai akhir Q4 2012. Dimana itu segmentasi PC dengan harga USD 200-USD 600 yang menyumbangkan hampir 81 persen dari pengapalan PC.

Dengan catatan pertumbuhan 9 persen dari kuartal sebelumnya. Seiring berjalannya waktu, semakin terlihat jelas bahwa persaingan harga telah mengendalikan pasar hingga penghujung tahun dan hal ini terlihat masih akan berlanjut sepanjang 2013 untuk segmen konsumer

Apalagi IDC memperkirakan belanja TI untuk pasar Indonesia dapat mencapai US $ 15,8 miliar pada akhir tahun 2013, pendorongnya didominasi oleh belanja hardware, karena perusahaan-perusahaan terlihat terus melakukan pembelian perangkat TI.

Melebarnya pasar, khususnya Indonesia bagian Timur banyak “pembeli pemula” PC, karena TI akan terus mendekatkan diri ke sektor tradisional dan ekonomi.

Sudev Bangah, Head of Operations, IDC Indonesia menambahkan “IDC berharap industri vertikal seperti manufaktur, retail dan jasa untuk meningkatkan belanja TI mereka di tahun mendatang. Dikarenakan perusahaan Indonesia terus mengkonsumsi TI sebagai elemen untuk mengubah bisnis mereka dan juga sebagai penghubung di antara mereka, peluang terlihat jelas dalam peningkatan belanja perangkat klien yang terjadi pada bisnis baru dan persiapan fisik .”(ms)

 

IDC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0