Huawei Siap Produksi Massal Chipset Kirin 980 dengan Proses 7nm

Telset.id, Jakarta – Raksasa manufaktur Cina, Huawei, kian agresif menjadi kekuatan utama dengan chip Kirin yang saat ini setara dengan SoC standar lainnya. Prosesor terbarunya, Kirin 970 dibangun pada proses 10nm dan chip ini sudah digunakan di seri Mate 10, Honor V10, dan seri P20.

Menurut jadwal Huawei, prosesor barunya, Kirin 980 akan menggunakan proses 7nm terbaru TSMC dan akan masuk ke produksi massal pada kuartal kedua tahun ini.

Samsung dan TSMC telah bersaing ketat dalam proses baru ini dalam beberapa tahun terakhir. Pada proses 7nm, Samsung berencana untuk memperkenalkan litografi EUV pertama di dunia. Namun, teknologi baru ini masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk penelitian, pengembangan, kalibrasi, dan peralatan.

Baca Juga : Acer Catat Keuntungan Tertinggi dalam 14 Tahun Terakhir

Proses-proses ini biasanya tidak terlalu lancar. TSMC didasarkan pada teknologi yang ada untuk membangun proses 7nm. Tahun depan, akan bergabung dengan EUV dan meningkatkan ke 7nm+.

Pada kuartal pertama tahun ini, proses 7nm TSMC telah dimasukkan ke dalam produksi massal. Ini tentunya dapat berkontribusi sekitar 10% dari pendapatan perusahaan tahun ini, dan telah mengambil banyak pesanan untuk Qualcomm Snapdragon 855 dan Apple A13.

Huawei dan TSMC telah bekerja sama dengan erat, dan mereka telah bekerja sama sejak 28nm. Mereka juga bersama-sama dalam 16nm, 10nm, dan 7nm. Kirin 970 menggunakan TSMC 10nm sementara Kirin 980 akan menggunakan proses 7nm. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0