telset

Huawei Menyodok di Posisi 3 Produsen Smartphone Dunia

Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta – Lembaga riset IDC melaporkan hingga akhir tahun 2012 lalu telah dikapalkan sebanyak 482.5 juta unit ponsel, atau naik dibanding kuartal yang sama tahun 2011 dengan 473,4 juta unit. Menariknya, Huawei berhasil menyodok ke peringkat ketiga produsen smartphone terbesar dunia dunia.

Smartphone menyumbang hampir setengah dari semua ponsel yang dikirimkan atau sekitar 45,5 persen. Jumlah ini merupakan persentase tertinggi dari pengiriman yang pernah ada. Samsung dan Apple tetap menjadi dua vendor teratas dengan pangsa pasar masing-masing 29 persen dan 21,8 persen.

“Tingginya pertumbuhan smartphone, meskipun didominasi oleh Samsung dan Apple, masih memiliki banyak kesempatan untuk para penantangnya,” ujar Kevin Restivo, peneliti senior di IDC.

Vendor yang memiliki smartphone dengan harga yang relatif rendah sangat, menurut Restivo, lebih cepat meraih pangsa pasar, terutama di negara-negara berkembang.

Dan di tahun 2012 lalu, Huawei berhasil membuat kejutan dengan menyodok di posisi ketiga produsen smartphone dunia. Huawei mengalami pertumbuhan yang sangat pesat di Q4 2012 dengan pengiriman yang meningkat mencapai 89.5 persen.

Selain Huawei, dua vendor lainnya juga berhasil memperbaiki peringkatnya, yakni Sony (peringkat 4), dan ZTE (5). Masuknya ketiga perusahaan ini di lima besar produsen smartphone dunia, mengakibatkan tak ada lagi nama LG, HTC, Motorola, dan Nokia di posisi lima besar.

“Fakta menunjukkan bahwa Huawei dan ZTE kini menempatkan diri mereka sebagai 5 vendor smartphone teratas yang menandai pergeseran yang signifikan untuk pasar global, ujar Ramos Llamas, manajer peneliti di IDC bagian Mobile Phone.

Huawei yang dulunya dikenal sebagai pencetak smartphone low-end mulai mengalami transisi besar-besaran. Perusahaan asal China ini mulai bersaing dengan produsen high-end seperti Samsung dan Apple.[lkh/hbs]

Lima besar produsen smartphone dunia

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0