telset

HUAWEI Ascend P1


Hadir dengan warna putih glossy membuat ponsel ini terlihat elegan. Desainnya mengadopsi konsep unibody  dengan ketebalan hanya 7.7 mm, lebih tipis dari Samsung  Galaxy S2 yang memiliki ketebalan  8.5 mm. Lekuk bodi ponsel pun dibuat ergonomis sehingga memberikan kenyamanan penggunaan saat dipakai untuk menelepon atau menjelajah internet. Namun sayang, bahan yang dipakai sebagai penutup bodinya terbuat dari plastik, terkesan ringkih.

Ponsel pintar yang satu ini dilengkapi layar seluas 4.3 inch berteknologi Super AMOLED. Berkat teknologi yang dipakai, layar ponsel terlihat terang dan tetap jelas meski diterpa cahaya berlebih. Selain itu, layar Ascend P1 juga dibalut dengan Gorilla Glass untuk melindunginya dari goresan kecil.

Ascend P1 menggunakan sistem operasi Android versi 4.0, Ice Cream Sandwhich, dengan metode pengoperasian menggunakan layar sentuh. Namun, ponsel ini juga menyematkan tiga tombol dengan fungsi yang berbeda. Tombol pertama difungsikan untuk menampilkan rincian menu, tombol kedua dipakai untuk langsung menuju Home Screen, dan tombol terakhir difungsikan untuk kembali ke menu sebelumnya (undo).

Seperti umumnya ponsel berbasis Android ICS lainnya, home screen Ascend P1 terdiri dari enam panel yang difungsikan untuk meletakan widget maupun ikon aplikasi. Sementara pada menu utamanya, Asced P1 menempatkan panel aplikasi dan widget. Masing-masing panel terdiri dari beberapa window yang jumlahnya bisa saja bertambah seiring dengan pertambahan jumlah aplikasi ataupun widget yang ada di Ascend P1.

Seperti halnya ponsel Android ICS, Ascend P1 menggunakan People sebagai media untuk kontak. Buku telepon ini menyajikan tiga tabulasi. Daftar semua kontak berada pada tabulasi yang ada di posisi tengah sebagai defaultnya, sedangkan tabulasi yang berada disisi kiri berisikan daftar nomor dan email. Di sisi paling kanan tersemat tabulasi Favourite, berisi kontak yang sering dihubungi, dengan simbol bintang.

Setiap kontak yang tersimpan dapat diakses sesuai dengan kemauan, seperti halnya ketika Anda ingin melakukan panggilan telepon. Atau jika ingin berkirim pesan melalui SMS atau Email, tinggal mengklik ikon surat. Bahkan, Anda juga bisa menghubungi kontak yang mecantumkan alamat Yahoo! Mail melalui aplikasi chatting Yahoo!.

Huawei Ascend juga menyematkan fitur noise cancelation yang berfungsi meredam suara bising di sekitar. Dengan fitur ini, Anda bisa berkomunikasi di keramaian dengan nyaman. Komunikasi suaranya terdengar jelas, baik di sisi penerima maupun pengirim. Setidaknya itulah yang kami rasakan saat mengujinya untuk melakukan panggilan di kondisi ramai.

Ascend P1 dilengkapi dengan dua kamera sekaligus. Kamera berkapasitas 8 MP yang diletakkan pada bagian belakang ponsel, dilengkapi dengan fitur autofokus dan dua lampu LED Flash untuk mendukung pecahayaan di kondisi ruang minim cahaya. Kualitas yang dihasilkannya cukup baik. Paling tidak cukup untuk dijadikan sebagai wallpaper di desktop PC kami.

Untuk melengkapi fitur kamera, Ascend menanamkan aplikasi video editing bernama Movie Studio. Aplikasi ini cocok bagi seorang “movie maker” yang gemar membuat video. Anda dapat membuat film pendek dengan menyatukan beberapa video rekaman ataupun foto hasil jepretan. Sistem kerja aplikasi ini mirip dengan program “Visual Studio” versi PC yang dapat menggabungkan beberapa obyek foto dengan musik  MP3. Movie yang telah selesai dibuat dapat diexport dengan kualitas 848×480, 1280×720, dan 1920×1080 piksel, dalam format MP4.

Sedangkan dari segi musik, Anda bisa menikmati alunan lagu jenis MP3 melalui aplikasi Play Music. Di dalamnya akan tersaji info album, artis ataupun penyanyi. Saat memutar salah satu lagu, akan tampil fitur untuk shuffle, repeat, serta fitur like dan unlike untuk menandai jenis lagu masuk dalam daftar musik favourite/ yang sering diputar.

Sebagai perangkat komunikasi, Huawei Ascend P1 sanggup bekerja di hampir semua frekuensi GSM dan HSPA. Untuk koneksi internet sendiri, ponsel ini mendukung HSPA dan Wifi, yang dilengkapi dengan fitur tethering untuk layanan berbagi koneksi data. Selain itu, WiFi pada ponsel cerdas ini juga kompatibel dengan teknologi DLNA (Digital Living Network Alliance). Melaluinya, Anda dapat berbagi file-file multimedia ke beberapa perangkat yang terkoneksi jaringan WiFi, seperti Laptop, TV ataupun smartphone dan Tablet PC.

Tak heran, ketika kami membuka beberapa aplikasi terasa begitu cepat. Karena, sistem komputasi mobile Android 4.0 ini, sudah didukung oleh prosesor jenis dual-core dari ARM Cortex A-7 yang memiliki speed 1.2 GHz. Bahkan, sokongan memori sebesar 1GB sebagai RAM dan chipset GPU PowerVR SGX540 mampu memberikan kami tampilan game kualitas HD dengan mulus. Game “Need For Speed” tidak hanya mulus berjalan, bahkan cat modifikasi bodi mobil begitu terlihat terang, seolah tampilan modifikasi yang kami berikan terlihat nyata adanya.

All Backup

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengamankan beberapa data baik itu file multimedia, kontak maupun aplikasi. Di dalamnya juga disediakan fitur schedule backup dan restore untuk mengembalikan sistem ke keadaan semula.

FM Radio

Sistem pencarian stasiun Radio akan secara otomatis berjalan saat aplikasi ini diaktifkan. Namun untuk mengaktifkannya, Anda harus memasang headset 3.5 mm terlebih dahulu untuk difungsikan sebagai antena penangkap sinyal.

DLNA

Melalui aplikasi ini, Anda dapat berbagi file-file multimedia ke beberapa perangkat yang terkoneksi dengan jaringan Wifi, seperti Laptop, TV ataupun smartphone dan Tablet PC. Begitu juga sebaliknya, Anda bisa melihat file multimedia dari perangkat lain.

Spesifikasi

Dimension : 127.4 x 64.8 x 7.7 mm/ 110gr
Screen : 4.3 inch AMOLED, Capasitive Touchscreen 960 x 540 pixel, Gorilla Glass
Memory : Internal 4GB/ slot microSD up to 32GB/ 1GB RAM
Connectivity : Quadband HSPA, Wifi, Bluetooth, Micro USB, Jack Audio 3.5mm, A-GPS
Camera  : Front 1.3MP, Back 8MP with dual LED Flash
Processor : Dual-core ARM CortexA9, 1.5 Ghz
OS : Android 4.0 Ice Cream Sandwhich

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0