telset

HTC Bayar ‘Uang Damai’ USD 280 Juta ke Apple

Jakarta – Vendor asal Taiwan, HTC dikabarkan telah menyetujui perjanjian untuk membayar biaya lisensi kepada Apple. Kesepakatan itu untuk menyelesaikan semua sengketa yang melibatkan dua vendor tersebut, yang mencakup hak paten dan perjanjian lisensi selama 10 tahun.

Seperti diketahui, HTC dan Apple telah terlibat perang hak paten yang mengakibatkan HTC One X pernah dilarang masuk ke Amerika Serikat (AS) oleh Komisi Perdagangan Internasional.

Namun sengketa itu kini disebutkan telah menemui jalan damai. Apple dan HTC dikabarkan telah menandatangani kesepakatan lisensi teknologi selama 10 tahun untuk mengakhiri perang hukum mereka di pengadilan.

Hasil kesepakatan ini memang tidak gratis. Karena HTC dilaporkan harus membayar “setoran” yang jumlah tidak sedikit untuk bisa memakai paten milik perusahaan asal Cupurtino, California tersebut.

Namun seorang analis mengatakan, bahwa HTC setuju membayar USD 6  hingga USD 8 kepada Apple untuk setiap perangkat ponsel HTC yang terjual. Ini artinya, dalam setahun Apple akan menerima “setoran” dari HTC sekitar USD 180 juta sampai USD 280 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun.

Angka perkiraan tersebut berdasarkan kalkulasi bahwa ada sekitar 30 juta sampai 35 juta handset Android HTC yang akan dikapalkan pada tahun 2013.

“Kami pikir USD 6 hingga USD 8 tampaknya masuk akal untuk HTC dan vendor lainnya yang ingin menggunakan lisensi properti intelektual yang dikembangkan Apple, untuk membuat ponsel dan tablet layar sentuh,” kata Shaw Wu, analis industri dari Sterne Agee yang dikutip telsetNews dari Mashable, Selasa (13/11).

Kesepakatan semacam ini kemungkinan akan ditawarkan Apple untuk para kompetitornya yang kini masih bertarung di ranah hukum. Seperti Samsung dan Motorola.

Atau mungkin saja kesepakatan ini bisa memberikan kesempatan kepada HTC dapat menggabungkan beberapa fitur yang ada pada Apple ke dalam perangkatnya. Siapa tahu. [lkh/hbs]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0