Honda dan GM Kolaborasi Bikin Mobil Otonom

Mobil otonom

Telset.id, Jakarta – Honda seakan tak mau ketinggalan dari perusahaan otomotif lainnya untuk mengembangkan mobil otonom. Untuk itu, Honda bekerja sama dengan produsen mobil asal Amerika (AS), General Motors (GM) untuk memproduksi mobil otonom secara massal.

Dalam kolaborasi Honda dan GM, perusahaan asal Jepang ini menggelontorkan uang sebanyak USD 2,75 miliar atau setara dengan Rp 41,7 triliun. Nantinya, Honda akan berperan sebagai penyandang dana, sementara GM akan mengembangkan mobil otonom tersebut melalui lini bisnis mobil otonom mereka, Cruise Automation.

Pada tahap awal, Honda akan mengeluarkan uang sebanyak USD 2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun selama 12 tahun. Sisanya, USD 750 juta atau Rp 11,7 triliun, akan disetor Honda sebagai investasi untuk Cruise Automation. Sehingga nantinya, Cruise akan menghasilkan berbagai jenis mobil otonom dalam jumlah besar.

Baca Juga : Toyota Suntik Rp 7,3 Triliun untuk Mobil Otonom Uber

Sebelumnya, Cruise juga telah menerima investasi sebesar USD 2,25 miliar atau Rp 34,1 triliun dari SoftBank Vision Fund. Dilansir Telset.id dari The Verge, Kamis (04/10/2018), dengan adanya investasi tambahan dari Honda, maka valuasi Cruise saat ini mencapai USD 14,6 miliar atau Rp 221,8 triliun.

Cruise sendiri merupakan perusahaan yang diakuisisi GM pada tahun 2016 lalu, dengan nilai USD 1 miliar atau Rp 15,1 triliun. Dengan mengakuisisi Cruise, GM ingin benar-benar membuat mobil otonom sebagai kendaraan massal pada awal tahun 2019 mendatang.

Baca Juga: Mobil Otonom Google Adu Banteng Lawan Honda

“Bukankah mobil masa depan memiliki layar TV raksasa, mini bar, dan kursi datar? Mungkin seharusnya begitu. Kami diam-diam telah membuat prototipe kendaraan terobosan baru selama dua tahun terakhir yang tak memiliki kemud,” ucap CEO Cruise Automation, Kyle Vogt.

“Membangun kendaraan baru yang memiliki pengalaman pengguna yang luar biasa, parameter operasional yang optimal dan penggunaan ruang yang efisien adalah tantangannya. Kami akan melakukannya dengan benar bersama Honda, kami menemukan mitra yang tepat untuk mewujudkannya,” jelasnya.

Baca Juga: Pertama Unjuk Gigi, Mobil Otonom Apple Langsung Tabrakan

Hingga kini masih belum jelas seperti apa bentuk dari mobil otonom hasil kerja sama antara Honda dengan GM. Pastinya, mobil otonom ini tidak akan terlihat seperti mobil pada umumnya, seperti chevrolet Bolt. (WS/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here