Hati-hati! Diskon Palsu Bertebaran di Harbolnas 2015

Diskon palsu Lazada

JAKARTA –  Menjelang puncak Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2015 besok, sejumlah situs toko online mulai gencar mempromosikan penawaran diskon gede-gedean. Tapi konsumen harus lebih teliti, karena ada beberapa toko online yang memajang harga diskon yang tidak wajar alias diskon palsu.

Jika dilihat secara sekilas, penawaran harga diskon memang terlihat sangat bombastis karena ada diskon yang diberikan hingga 99%. Tapi jika Anda melihatnya secara teliti, maka harga yang didiskon itu sudah dinaikan berpuluh kali lipat.

Seperti toko online Lazada yang memberikan diskon sebesar 93% untuk perangkat smartphone LG Leon 8 GB yang dijual setelah diskon menjadi hanya Rp 1,8 jutaan.

Diskon tersebut nampak menggiurkan, namun setelah diteliti, diskon sebesar 93% itu diberikan setalh harganya dinaikan menjadi Rp 25 juta. Padahal seperti kita tahu, harga ponsel tersebut tidak mungkin semahal itu.

Bahkan saat coba dibandingkan dengan harga di situs Erafone, harga jual LG Leon justru lebih murah dari harga setelah diskon di Lazada, yaitu Rp 1,699 juta.

Tak hanya itu, Lazada juga memajang harga diskon tidak wajar untuk produk popok bayi yang didiskon 100% menjadi hanya Rp 93.000. Padahal diskon tersebut setelah harganya dinaikan hingga Rp 130 juta.

Diskon palsu Lazada popok bayi

Selain Lazada, diskon harga tidak wajar juga dijumpai di situs belanja online Matahari Mall. Seperti untuk produk kamera GoPro Hero 4 Session didiskon 30% sehingga harga jualnya hanya Rp 4,9 juta. Namun harganya sudah lebih dulu dinaikan menjadi Rp 7 juta.

Sejatinya harga yang ditawarkan adalah harga normal alias diskon palsu, karena setelah melihat di situs jual beli kamera Focus Nusantara, GoPro Hero 4 Session memang dijual seharga Rp 4,9 juta.

Diskon palsu GoPro di Matahari Mall

Memang tidak semua diskon yang diberikan Lazada dan Matahari Mall adalah palsu, karena banyak juga diskon besar-besaran yang diberikan secara benar oleh kedua situs belanja online tersebut.

Belum diketahui, apakah itu kasalahan penulisan atau memang ada pihak yang kurang bertanggujawab coba menyusupi diskon palsu. Diharapkan situs-situs belanja online bisa memberikan diskon secara benar dan tidak mengakali konsumen dengan iming-iming diskon gede di Harbolnas kali ini.

Well, bagi para konsumen juga diharapkan lebih teliti sebelum membeli, jangan langsung tergiur dengan diskon besar yang ditawarkan. Cek dulu harga pasarannya di situs resmi atau toko online lain sebelum memutuskan untuk membeli. [HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI