Harbolnas Belum Terlalu “Menggoda” Minat Konsumen

Telset.id, Jakarta – Perhelatan tahunan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2016 telah usai. Dari ajang yang digelar selama 3 hari itu, terlihat minat konsumen berbelanja online meningkat, meski kenaikannya tidak signifikan.

Meski menawarkan promo diskon yang jor-joran, namun ternyata hal itu belum terlalu “menggoda” minat konsumen untuk berbelanja di Harbolnas. Terbukti, peningkatan konsumen yang berbelanja di ajang pesta belanja online itu tidak terlalu signifikan.

Hal ini terungkap dalam hasil survei yang dilakukan ShopBack,  dimana sebagian besar konsumen (66,70%) yang berbelanja di Harbolnas tahun ini telah memiliki pengalaman berbelanja online di Harbolnas tahun sebelumnya. Sementara 33,30% konsumen baru atau merupakan pengalaman pertama mereka.

“Penambahan pembelanja baru ini meskipun angkanya tidak mencapai 50%, namun terbilang cukup baik dalam mengonfirmasikan adanya peningkatan minat konsumen,” ujar Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia, dalam keterangan pers, Sabtu (17/12/2016).

Yang paling utama, menurut Yonathan, sekitar 98,40% konsumen belanja online yang disurvei mengatakan mereka akan berbelanja lagi di Harbolnas tahun depan.

Dia menyebutkan, mayoritas konsumen menyatakan puas terhadap penyelenggaraan Harbolnas tahun ini. Namun, jika melihat rata-rata tingkat kepuasan yang mereka tunjukkan, tampak bahwa tidak ada dominasi di tingkat kepuasan tertentu.

Dari 523 komunitas belanja online yang disurvei, dari tingkat kepuasan level 0 (tidak puas) hingga 10 (sangat puas), sebanyak 22,6% responden menyatakan tingkat kepuasan mereka berada di level 7.

Sedikit di bawah persentase tersebut, yaitu 21,8%, menyatakan tingkat kepuasan mereka berada di level 8. Selebihnya, pembagian persentasi terlihat hampir merata di semua tingkatan.

“Tidak tercapainya tingkat kepuasan yang dominan di level 7-10, dan masih munculnya tingkat kepuasan di level menengah serta rendah, didorong oleh persepsi yang terbangun di benak konsumen seusai berbelanja menikmati promo-promo yang ditawarkan,” papar Yonathan.

Khusus bagi konsumen yang telah memiliki pengalaman dengan Harbolnas di tahun-tahun sebelumnya, 35,30% mengatakan bahwa Harbolnas tahun ini lebih baik dibanding perhelatan tahun sebelumnya.

Sebagian lainnya mengatakan Harbolnas 2016 sama saja dengan tahun sebelumnya (35,30%) dan bahkan 29,50% konsumen mengatakan Harbolnas 2016 tidak lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Temuan ini kami harapkan menjadi masukan yang membangun bagi para pelaku e-Commerce peserta Harbolnas 2016 agar pada ajang berikutnya mereka benar-benar berhasil menghadirkan kepuasan optimal bagi pelanggan,” tutup pria akrab disapa Yonathan ini. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here