Hadapi Lonjakan Trafik, XL Tambah 100 BTS Baru

Jakarta – Operator telekomunikasi XL Axiata menyatakan sudah sangat siap menghadapi lonjakan trafik selama bulan Ramadhan dan khususnya pada saat libur  Lebaran. Untuk menghadapi lonjakan trafik selama Lebaran, XL akan menambah 100 BTS baru.

Menghadapi lonjakan selama kedua moment penting tersebut, XL telah meningkatkan kapasitas jaringannya. Saat ini kapasitas jaringan SMS yang disediakan XL bisa menampung 600 juta pesan sehari. Berarti kapasitas yang tersedia masih ada 40 persen lagi.

“Untuk layanan suara, kapasitas yang kami sediakan jauh lebih besar lagi, karena untuk penggunaan sehari-hari saja kami masih 50 persen kosong. Dan untuk menghadapi lonjakan, kami bisa mengantisipasinya dengan menggunakan teknologi MSC pool yang mampu men-switching dengan sendirinya kalau misalnya terjadi lonjakan di satu tempat,” jelas GM Network XL Yudianto di sela XL Network Rally, Semarang.

Namun menurut Yudianto, pihaknya tak mau ambil risiko dan tetap mengantisipasi lonjakan dengan menambah 100 BTS baru dan menyiapkan 18 mobile BTS di sepanjang jalur Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Kami mengantisipasi kepadatan trafik jaringan akan terjadi di beberapa titik, khususnya daerah-daerah perbatasan,” terangnya.

Sementara itu, Senior VP Service Management XL, Ongki Kurniawan menambahkan, selama mudik Lebaran ini, layanan XL diperkirakan akan mengalami lonjakan 30 persen hingga 35 persen dari trafik tahun lalu, dengan percakapan telepon berdurasi 550 juta menit, SMS berjumlah 400 jutaan per hari, dan trafik data yang mencapai 8 terabyte.

“Kami perkirakan untuk layanan suara tidak terjadi lonjakan yang berarti. Yang akan mengalami lonjakan kami perkirakan terjadi pada layanan data, yang saat ini mencapai 33 terabyte, atau lonjakan hingga 300 persen,” papar Ongki Kurniawan kepada wartawan.

Dari hasil uji jaringan pada XL Net Rally yang digelar akhir pekan ini menggunakan kereta api Argo Muria sepanjang Jakarta-Semarang, terlihat masih ada beberapa daerah yang tidak ada sinyal sama sekali.

“Memang untuk daerah pantai Alas Roban dan beberapa tempat titik yang ditutupi oleh bukit dan hutan sempat terjadi blank spot. Namun ini dialami semua operator,” ucapnya.

Menurut Ongki, selama uji jaringan ini, presentase drop call 1,7 persen namun akan ditekan kembali menjadi 1,5 persen. Ini masih jauh dari ambang batas 5 persen yang ditargetkan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) kok, tutur Ongki.

Saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga  530 juta menit. Sementara untuk trafik SMS adalah 630 juta SMS, dan trafik data sebesar 33 terabytes. Diperkirakan sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2011 nanti akan terjadi lonjakan trafik hingga 30 persen dari trafik normal sehari-hari.

Jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 24.000 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) juga jaringan fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa  dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke pulau Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi. [hbs]

 

Previous articleTelkomsel Hadirkan Paket Facebook Terlengkap
Next articleXL Fasilitasi Internet Wifi Gratis di Kereta Argo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here