Hacker ‘Gerilya’ saat Pengguna Video Call via WhatsApp

Telset.id, JakartaWhatsApp mengaku telah memperbaiki bug yang ada di aplikasi. Menurut WhatsApp bug itu memungkinkan hacker bergerilya dengan mengambil alih aplikasi ketika pengguna menjawab video call via WhatsApp.

WhatsApp mengumumkannya setelah ZDNet dan The Register melaporkan tentang kelemahan tersebut.

Menurut laporan CNBC yang dikutip Telset.id, Kamis (11/10/2018), bahwa bug memengaruhi WhatsApp untuk ponsel Android maupun iOS.

Bug itu sebenarnya ditemukan pada Agustus 2018 lalu dan telah diperbaiki oleh Facebook, perusahaan induk WhatsApp, pada awal Oktober 2018 kemarin. Namun, saat bug menyerang, tidak ada laporan kasus dari para pengguna.

Baca juga: Jutaan Pengguna iPhone Terancam Tak Bisa Akses WhatsApp

Nataliae Silvanovich, peneliti keamanan di Google Project Zero, menemukan bug tersebut pada akhir Agustus 2018. Ia menyebutnya sebagai bug pengorupsi memori implementasi konferensi video non-WebRTC di WhatsApp.”

WhatsApp untuk Android dan iOS terpengaruh oleh bug itu karena keberadaan Real-time Transport Protocol alias RTP untuk fitur konferensi video. WhatsApp versi desktop tak terpengaruh karena menggunakan WebRTC.

“Kami rutin berhubungan dengan para peneliti keamanan dari seluruh dunia untuk memastikan bahwa WhatsApp tetap aman dan bisa diandalkan. Kami segera memperbaiki permasalahan yang ada,” kata Ann Yeh, jurubicara WhatsApp.

Baca juga: Waspada! Hacker Incar Akun WhatsApp untuk Penipuan

Travis Ormandy, peneliti di Google Project Zero, yang menemukan bug tersebut, juga mengatakan permasalahan di panggilan video WhatsApp cukup serius. “Penyerang bisa membahayakan pengguna WhatsApp,” ucapnya. [SN/HBS]

Sumber: CNBC

Previous articleKhabib vs McGregor Ramai di Bursa Judi Blockchain  
Next articleApple Akhirnya Menangkan Sengketa Chip atas Qualcomm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here