Hacker Curi Token 30 Juta Akun Pengguna Facebook

Telset.id, Jakarta – Akhir September 2018 lalu, Facebook menjadi korban penyerangan hacker. Tak kurang dari 50 juta akun pengguna Facebook terkena dampak.

Baru-baru ini, Facebook mengaku telah bekerja sama dengan FBI untuk menyelidiki masalah peretasan di layanan mereka.

Dilansir Ubergizmo, Minggu (14/10/2018), setelah melawati serangkaian penyelidikan, Facebook akhirnya membeberkan hasil penyelidikan bersama FBI.

Facebook mengatakan bahwa penyerangan oleh hacker pada akhir September 2018 lalu ternyata memang berdampak terhadap 50 juta akun pengguna dengan rincian berbeda-beda.

Disebutkan hacker telah mencuri token 30 juta akun pengguna. Kemudian, 15 juta pengguna mengalami pencurian informasi seperti nama dan rincian kontak. Lalu, sekitar 14 juta akun tercuri informasi nama pengguna, jenis kelamin, bahasa, dan status hubungan.

Baca juga: Hati-hati! Bug Ini Ancam 50 Juta Pengguna Facebook

Tak cuma itu, 14 juta pengguna tersebut juga tercuri informasi tentang agama, kota asal, tanggal lahir, jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses, pendidikan, pekerjaan, 10 tempat terakhir yang periksa dan tag, halaman yang diikuti, dan 15 pencarian terbaru.

Sisanya, satu juta akun pengguna tidak berhasil dibobol. Facebook bekerja sama dengan FBI dan berbagai lembaga pemerintah untuk melacak serta menemukan hacker di balik penyerangan itu. Namun, Facebook belum mengumumkan perkembangannya.

Saat mengetahui terkena serangan, Facebook mengaku hacker bisa mengakses akun dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Facebook lantas mengklaim langsung memperbaiki bug dan aparat menghubungi penegak hukum terkait persoalan tersebut.

Baca juga: Peretas Bisa Akses Nomor Telepon dan Email Pengguna Facebook

Facebook juga telah mereset token akses dari hampir 50 juta pengguna yang terkena dampak, termasuk 40 juta pengguna lainnya yang kerap mencoba fitur View As. Bagi pengguna yang terkena dampak, otomatis akan logout dari Facebook dan aplikasi lain yang terhubung. [BA/HBS]

Sumber: Ubergizmo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here