telset

Hacker Bocorkan 1 Juta ID Pengguna Apple

New York – Kelompok hacker AntiSec mengklaim memiliki lebih dari 1 juta Unique Device Identifiers (UDID) milik 12 juta pengguna perangkat iOS Apple. Data itu mereka peroleh setelah berhasil membobol laptop milik salah seorang agen FBI.

Untuk membuktikan bahwa mereka memiliki data tersebut, kelompok hacker ini telah merilis surat resminya yang memuat 1 juta unik ID tersebut melalui situs Pastebin untuk diperlihatkan ke publik

UDID adalah urutan 40 huruf dan angka yang mengidentifikasi setiap perangkat iOS. Kode ini sebelumnya digunakan oleh para pengembang untuk melacak instalasi aplikasi mereka di basis pengguna Apple.

Kelompok hacker AntiSec menuding bahwa Federal Bureau of Investigation (FBI) selama ini telah memata-matai para pengguna Apple. Ini bisa dibuktikan dengan ditemukannya lebih dari 1 juta UDID dari laptop salah satu agen FBI.

Seperti diberitakan Mashable dan dikutip telsetNews, Rabu (5/9), para hacker tersebut mengatakan berhasil menerobos ke dalam laptop milik salah satu agen FBI bernama Christopher Stangl, dengan memanfaatkan celah yang ada pada komponen Java.

Setelah berhasil mencuri datanya, mereka mendapati ada lebih dari 12 juta UDID di dalam laptop agen FBI tersebut. Di dalamnya berisikan beberapa informasi tambahan pengguna seperti nama pengguna, nomor ponsel dan alamat. Kelompok ini meyakini data tersebut digunakan FBI untuk melacak pengguna tertentu.

Informasi UDID itu biasanya juga sudah tersedia untuk para pengembang aplikasi iOS. Namun, data private seperti nomor telepon dan alamat biasanya diblokir.

Pihak Apple sendiri belum lama ini telah mengambil langkah untuk memblokir akses aplikasi ke UDID karena masalah privasi baik dari konsumen maupun pemerintah. Pada Agustus 2011, Apple telah mengingatkan kepada developer bahwa mereka akan mengakhiri akses UDID dengan iOS 5.[hbs]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0