Gusur LG, Huawei Jadi Vendor Smartphone Ketiga Terbesar Dunia

Huawei Ascend P6
Huawei Ascend P6

Jakarta – Strategy Analytics telah mengeluarkan laporan terbarunya mengenai market share industri ponsel global di kuartal ketiga 2013. Pengiriman smartphone secara global disebutkan tumbuh 45% per tahun dan menembus angka 251 juta unit pada kuartal ketiga tahun 2013.

Samsung masih menjadi pemimpin pasar dengan menguasai 35% pengiriman smartphone di seluruh dunia. Sementara kejutan dilakukan Huawei yang menyodok ke urutan ketiga menggusur LG yang turun ke urutan empat, atau setingkat di bawah Apple yang berada di posisi kedua.

Huawei menjadi vendor yang paling cemerlang di kuartal ketiga 2013. Vendor asal China itu mencatat pertumbuhan yang sangat signifikan, yakni tumbuh 67% dari tahun sebelumnya. Huawei tercatat sudah mengirimkan 12,7 unit smartphone ke seluruh dunia.

Huawei sangat terbantu dengan kesuksesan penjualan dua seri smartphone-nya, yakni Huawei Ascend P6 dan Ascend G610. Huawei sangat kuat di pasar China, namun lemah di AS dan Eropa.

Sementara itu, LG Mobile di kuartal ini terpaksa harus turun ke posisi empat dengan total pengiriman smartphone sebanyak 12 juta unit di sepanjang kuartal ketiga 2013. Meski tergusur oleh Huawei, namun pertumbuhan pangsa pasar LG masih sangat positif.

Vendor asal Korea Selatan itu mencatat pertumbuhan sebesar 71% dibanding tahun lalu. LG memiliki pasar yang kuat di Eropa, namun melemah di wilayah China dan India.

Strategy Analytics juga mencatat untuk pertama kalinya pengiriman smartphone mampu mencapai seperempat miliar unit hanya dalam satu kuartal. Pertumbuhan pengiriman smartphone naik 45% dari 172,8 juta unit pada Q3 2012 menjadi 251,4 juta unit di Q3 2013.

Perangkat smartphone mendominasi pengiriman jenis ponsel, dimana 6 dari 10 ponsel yang dikapalkan di seluruh dunia adalah smartphone. Kuatnya pertumbuhan smartphone didorong oleh tingginya permintaan smartphone model LTE di negara maju seperti AS dan model 3G di pasar negara berkembang seperti China.[HBS]

Market share vendor smartphone di Q3 2013

 

Pengiriman smartphone di Q3 2013

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI