Home NEWS GSM dan CDMA, Serupa Tapi Tak Sama

GSM dan CDMA, Serupa Tapi Tak Sama

JAKARTA –  Di industri telekomunikasi seluler kita sering mendengar istilah GSM dan CDMA. Meski sudah cukup akrab di telinga pengguna ponsel, namun masih banyak orang yang belum terlalu mengerti apa pengertian dan perbedaan dari GSM dan CDMA, serta apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

GSM atau Global System for Mobiles dan CDMA alias Code Division Multiple Access adalah dua teknologi yang memiliki  radio berbeda namun melakukan fungsi dasar yang sama. Keduanya dapat mengirimkan suara, data, dan teks secara nirkabel dari dan ke telepon Anda. Masing-masing teknologi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya.

GSM misalnya, merupakan jaringan komunikasi yang mengirimkan data pengguna berdasarkan paket waktu yang dikenal dengan istilah timeslot. Sebenarnya, GSM ini menggunakan system TDMA, yaitu Time Division Multiple Access. TDMA bekerja dengan cara sewa waktu. Artinya, bila pengguna yang satu sedang menggunakan sistem tersebut,  maka pengguna yang lain pun secara tidak langsung tidak dapat mengaksesnya.

Saat ini layanan seluler dengan kartu GSM lebih banyak disukai pengguna ponsel, karena dianggap lebih nyaman saat digunakan. Karena saat sudah disewa satu orang, maka orang lain tidak akan bisa menyewanya. Suara yang dihasilkan dari jaringan GSM juga cenderung lebih nyaring dan jelas dibanding CDMA.

Kekurangannya, sistem informasi di GSM mudah bocor, karena menggunakan timeslot secara bergantian dan tanpa kode khusus. Orang bisa dengan mudah mendapatkan informasi Anda sebelumnya.

Sementara itu, CDMA menggunakan metode yang sama dengan namanya, yaitu Code Division Multiple Access. Dengan metode ini, setiap ponsel yang hendak melakukan sambungan dapat mengirim data CDMA kapan saja.

Sebagai pembeda, setiap ponsel memiliki kode unik untuk mengatur paket data CDMA yang dikirimnya dalam sambungan telepon. Nantinya, pihak penerima sambungan telepon itu juga hanya akan menerima data yang menggunakan kode yang sama dengan kode yang digunakan oleh pengirim itu.

Akses jaringan CDMA ibarat sebuah bus yang ditumpangi banyak orang. Masing-masing memiliki kodenya sendiri, yang berbeda dengan yang lain. Nah, bila ingin berhubungan, kode tersebut akan mengirimkan akses. Karena kode tiap orang berbeda, maka pengguna pun bebas melakukan komunikasi dengan yang lain.

Kekurangan CDMA dibanding GSM terletak dalam hal kelancaran komunikasi. Karena digunakan bersama-sama dengan orang lain, maka komunikasi memiliki potensi terhambat. Akibatnya pengguna CDMA sering merasa kurang nyaman karena suara tidak jelas.

CDMA biasanya hanya dipasang di kota-kota besar. Alhasil, jaringannya kurang luas sehingga kurang tepat bila digunakan untuk komunikasi jarak jauh (dengan daerah pedesaan). Meski demikian, tarif CDMA untuk telepon dan internet relatif lebih murah dibanding GSM.

Jaringan CDMA memiliki beberapa keuntungan teknis dibandingkan dengan GSM. Karena CDMA mendukung lebih banyak koneksi secara bersamaan, yang secara teoritis dapat mengurangi trafik yang terjadi di menara sel. Dan teknologi yang mendasari lebih aman.[HBS]

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version