telset

Google Wallet Mulai di Ujicobakan

Jakarta – Google resmi memperkenalkan layanan Google Wallet yang  berbasis teknologi Near Field Communication (NFC) dengan menggandeng lembaga finansial dan retail seperti Citibank, Mastercard, Subway, Macy™s, Walgreens, Toys R Us, First Data, dan operator Sprint. Ujicoba layanannya akan segera dilakukan di NewYork dan San Francisco, dan direncanakan akan beroperasi sepenuhnya pada musim panas tahun ini.

Untuk kerjasama tersebut, Mastercard menyediakan mesin gesek bernama PayPass yang memang didedikasikan untuk pembayaran contactless. Mesin tersebut selanjutnya akan ditempatkan di merchant-merchant, stasiun, atau bahkan di vending mechine. Sementara Google support dari sisi perangkat, dalam hal ini Google Wallet.

Google Wallet sendiri direpresentasikan dalam bentuk smartphone Android yang rencananya bisa dimuati oleh hampir semua hal yang lazim ada di dompet. Mulai dari kartu kredit, kartu diskon, tiket hingga kartu identitas.

Untuk tahap awal, smartphone yang mendukung layanan ini baru Google Nexus S. Ponsel yang sudah dilengkapi dengan teknologi NFC ini didaulat menjadi ponsel pertama yang menerapkan teknologi mobile payment dari Google. Tapi untuk perangkat Android yang belum membenamkan teknologi NFC, Google menyarankan untuk menambahkan stiker NFC. Aplikasinya sendiri bisa diinstall di hampir semua smartphone Android, baik yang sudah dilengkapi NFC ataupun belum.

Selain mobile payment, Google juga menyediakan layanan Google Offers. Layanan yang terintegrasi dalam Google Wallet tersebut diperkenalkan kemarin, bersamaan dengan layanan mobile payment. Dengan layanan Google Offers, pengguna Google Wallet setiap harinya akan mendapat kiriman penawaran istimewa dari retail dan merchant yang bekerjasama dengan Google. Penawaran yang masuk ke inbox dalam bentuk kupon diskon atau loyalty rewards tersebut selanjutnya bisa digunakan pada saat berbelanja.

Well, apa yang dilakukan Google melalui Google Wallet-nya, sebenarnya bukan hal baru. Di Jepang, model pembayaran melalui mobile wallet, sudah jadi hal yang biasa. Tak heran jika hampir semua ponsel di Jepang dilengkapi dengan teknologi NFC.

Tapi apa yang dilakukan Google memang tak sekadar untuk meniru mobile wallet yang ada di Jepang. Targetnya adalah benar-benar menggantikan dompet dengan smartphone berbasis Android. Yup, dengan Google Wallet, Anda bisa menyimpan puluhan kartu kredit, dan memilih salah satunya pada saat akan melakukan pembayaran. Sama seperti halnya Anda menempatkan kartu tersebut di dalam dompet. Menarik bukan? (HZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0