telset

Google Street View Resmi Sambangi Indonesia

Jakarta – Google Street View kini telah siap memetakan berbagai berbagai kota di Tanah Air. Aplikasi pemetaan milik Google tersebut pada hari ini telah diresmikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk beroperasi di Indonesia.

Masuknya produk ini disambut baik oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mempromosikan Indonesia. Selain tujuan pariwisata, Google Street View juga bisa menjadi monitoring program pemerintah terkait infrastruktur.

“Dengan adanya produk ini, kita bisa tahu mana perbaikan jalan yang perlu dilakukan dan kondisi bangunan dari objek wisata,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu di Cow Feed, Epicentrum Walk, Jakarta, Jumat (23/11).

Mari mengungkapkan, sebagai permulaan akan memulai dengan 16 tujuan pusat wisata di Indonesia. Dan Jakarta akan mejadi kota pertama yang didata oleh raksasa mesin pencarian tersebut.

Setelah Jakarta, Street View nantinya juga akan menjelajah kota-kota lain, termasuk hingga ke daerah-daerah terpencil. Foto-foto yang didapat dari hasil pendataan itu akan diupdate setiap satu atau dua tahun.

Andrew McGlinchey, Product Manager Google menjelaskan, dalam pelaksaan pengambilan gambar 360 derajat nanti tetap menjunjung tinggi privasi.

“Kami tetap mengambil gambar hanya di area umum. Kondisi pengambilan pun tak real time. Bahkan untuk gambar wajah dan plat mobil akan diblurkan. Dan jika ada yang keberatan, gambar akan dihapus,” ujar Andrew.

Andrew sendiri menargetkan untuk menikmati konten Google Street View wilayah Jakarta paling cepat di tahun depan. Sebab tim Google Street View perlu mengenal kondisi dari pengambilan gambar terlebih dahulu.

“Kami memiliki lebih dari 10 mobil yang dilengkapi kamera 360 derajat untuk mengambil foto di beberapa tempat yang akan dimasukkan ke data Street View,” jelasnya.

Google Street View adalah fitur pemetaan yang dikembangkan Google untuk dapat melihat keadaan sebenarnya di suatu tempat. Aplikasi pemetaan ini dikembangkan sejak tahun 2007, dan Indonesia menjadi negara ke-45 yang disambangi Street View. [tsn/hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0