Home NEWS INTERNET Google Siarkan Final Four NCAA dengan “Ramalan” Pertandingan

Google Siarkan Final Four NCAA dengan “Ramalan” Pertandingan

Telset.id, Jakarta – Ada kabar baru untuk penggemar tayangan olahraga basket kelas dunia. Kini Google akan menayangkan pertandingan perempat final NCAA yang dijuluki Maret Gokil (March madness) secara langsung, via streaming pastinya.

Nah, yang bakal membuatnya semakin seru, raksasa mesin pencari asal AS ini tidak hanya menyajikan analisis data statistik dari permainan sebelumnya. Mereka bahkan akan menayangkan “ramalan” hasil pertandingan dengan menerapkan teknologi eksperimen real-time.

Menurut Digitel Trends, Minggu (1/4/2018), tim Google Cloud mengungkapkan dalam postingan blognya bahwa sekelompok penggemar bola basket, ilmuwan data dan teknisi komputer mulai menganalisis data dari pertandingan NCAA selama 80 tahun.

Mereka juga merilis mesin pembelajar pada kumpulan data besar ini untuk mengungkap tren atau fakta yang mungkin tidak mudah terlihat. Misalnya, jika Anda marah, pergilah dengan kucing. Tim dengan maskot kucing lebih mungkin untuk mengalahkan kelompuk Anda.

Walaupun hal baru ini cukup menarik, tapi sejauh ini, Wolfpack (julukan mereka), hanya fokus pada data historis dari jumlah waktu yang dimainkan.

Bagaimana jika mereka mengubah langkah mengantisipasi apa yang akan terjadi selanjutnya? Itulah yang dilakukan akhir pekan ini. Google bahkan akan menayangkan prediksi dalam sebagian sesi iklan ketika waktu istirahat turun minum dari empat pertandingan Final.

Cabang olahraga lain juga telah menggunakan model ramalan beberapa waktu sebelumnya. Misalnya, Baseball menggunakan program WAR (Wins Above Replacement) untuk memperkirakan berapa banyak pemain akan menambah total kemenangan tim dibandingkan dengan hipotetis rata-rata pemain.

Baca juga: Baca Buku Favorit Bisa Lewat Google AudioBooks

Disini, tim Google berencana untuk “meramalkan” apa yang akan terjadi dalam 20 menit terakhir suatu pertandingan. Ini merupakan ukuran sampel yang sangat kecil.

Lalu bagaimana caranya? Selama babak pertama, tim akan menggunakan semua data yang dapat dikumpulkan dan mengolah angka tersebut ke atas, ke bawah dan menyamping terhadap kinerja turnamen bersejarah ini.

Tak hanya itu, kecenderungan tim, strategi dasar dan apa pun yang dapat bisa dirangkum untuk menghasilkan prediksi statistik yang kemungkinan besar terjadi.

Di Alamodome, San Antonio, Google dengan cepat mengubah prediksinya menjadi iklan televisi, yang akan diteruskan ke CBS dan Turner untuk ditayangkan di TBS tepat ketika babak kedua dimulai.

Ingat, Google tidak berencana meramal pemenang pertandingan, jadi jangan buru-buru telpon bandar.

“Salah satu hal yang menarik tentang menjalankan eksperimen seperti ini dalam waktu nyata adalah kami tidak tahu pasti apa yang akan terjadi,” tulis tim Goople di blog mereka.

Apapun alasan Google membuat percobaan itu, pasti akan menyenangkan melihat hasilnya terungkap secara real time. [WS/HBS]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version