Google Search akan Tambahkan Fitur Speed Test

Telset.id, Jakarta – Bagi Anda yang sering berselancar di Internet, biasanya sering ingin melihat seberapa cepat jaringan Internet dengan membuka aplikasi speed test seperti Ookla. Namun kini Anda tak perlu repot membuka aplikasi lain, karena Google telah menghadirkan fitur speed test.

Untuk menggunakan fitur speed test di Google ini, Anda hanya tinggal mengetik ‘check internet speed’ di kotak pencarian, maka Google akan langsung memprosesnya dan selanjutnya memberikan informasi kecepatan Internet yang Anda gunakan.

Anda tak perlu menampilkan tautan ke layanan lain untuk memeriksa kecepatan internet seperti dari Ookla. Cara menggunakan fitur speed test di Google mirip seperti ketika Anda mengetik konversi mil ke kilometer atau konversi mata uang. Sangat mudah bukan..

Nampaknya fitur speed test ini dihadirkan Google sebagai respon atas hadirnya fitur serupa di Netflix, yang memungkinkan pengguna memeriksa kecepatan Internet dengan hanya mengetik URL (tautan), dan menunggu sejenak untuk mendapatkan hasilnya. Selain Netflix, layanan pencarian Microsoft Bing juga memiliki fitur serupa.

Fitur ini pertama kali diketahui oleh seorang pengguna Twitter bernama Dr. Pete Meyers, yang memperlihatkan bukti screenshot dari fitur tersebut, dan sebuah halaman web di Google support yang menjelaskan cara kerjanya. Dalam halaman tersebut dijelaskan bahwa Google memakai layanan milik Measurement Lab untuk menjalankan tes uji kecepatan.

Namun harap diketahui, fitur ini sepertinya masih dalam tahap uji coba. Oleh sebab itu fitur speed test ini masih belum dapat digunakan oleh semua pengguna layanan pencarian Google. Hingga saat ini, Google masih belum memberikan konfirmasi kapan akan menggulirkan versi finalnya. Kita tunggu saja. [HBS]

 

SourceThe Verge

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -