Google Rilis Update Android 7.1 Nougat

Telset.id, Jakarta – Google telah resmi menggulirkan update terbaru Android 7.1 Nougat. Untuk saat ini, versi terbaru dari Android ini berjalan pada smartphone seri Pixel yang juga baru dirilis beberapa waktu lalu.

Biasanya tiap Android mengeluarkan versi terbaru dari OS-nya, Google selalu mengeluarkan Developer Preview untuk beberapa smartphone. Nah, smartphone yang beruntung mendapatkan versi ini adalah Pixel C, Nexus 5X, dan Nexus 6P. Versi ini sebentar lagi akan tersedia untuk tiga smartphone tersebut.

Google juga secara singkat sudah menyebutkan fitur-fitur baru pada versi Developer Preview untuk para developer yang ingin mencoba untuk menggunakannya.

Fitur-fitur yang bertujuan untuk membantu para developer dalam mendorong aplikasinya untuk memberikan pengalaman lebih untuk pengguna nantinya adalah pertama, API app shortcut yang memungkinkan pengguna nantinya dapat mengakses pengaturan pada aplikasi secara langsung (mirip 3D Touch). Developer juga dapat memaksimalkan fitur ini dengan membuat hingga 5 shortcut, baik statis atau dinamis.

App Shortcut
App Shortcut

Selanjutnya adalah dukungan Circular app icons yang memungkinkan developer untuk membuat ikon melingkar atau bulat yang tentunya akan sangat cocok dengan tampilan Pixel Launcher atau Launcher lainnya.

Kemudian ada juga Live wallpaper metadata yang memungkinkan developer untuk memberikan metadata pada live wallpaper seperti label, deskripsi, pembuat serta URL). Selain itu juga ada dukungan Image keyboard yang membuat pengguna bisa memasukkan konten dari keyboard mereka, mengekspresikan diri mereka melalui stiker, animasi GIF, dan banyak lagi.

Image Keyboard
Image Keyboard

Terakhir ada Storage manager intent yang nantinya mampu membuat pengguna masuk ke halaman Settings untuk membersihkan data-data yang tidak terpakai demi memperluas ruang memori.

Untuk tahap awal, Google akan merilis Developer Preview pada tiga smartphone yang disebutkan di awal. Dan pada tahap selanjutnya Google akan merilis versi final yakni Android Nougat 7.1.x pada awal Desember untuk Nexus 6, 5X, 6P, 9, Player, Pixel C, perangkat Android One, serta Pixel dan Pixel XL.

Jadi, bagi para pembaca setia yang memiliki smartphone di atas, berbahagialah karena anda mendapatkan versi OS baru yang pengguna Android lainnya bahkan belum merasakannya. (FHP)

SourceGoogle

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI