Google Diminta Bangun Data Center di Indonesia

Jakarta – Sebagai perusahaan raksasa internet dunia yang telah memiliki bisnis yang mengglobal, kehadiran Google di Indonesia diyakini akan berdampak positif bagi industri. Namun Google diingatkan dalam menjalankan bisnisnya, haruslah tetap ikuti aturan di Indonesia.

Kami sangat menyambut baik Google hadir di Indonesia, karena kehadiran mereka tentu akan berdampak besar bagi perkembangan bisnis lokal secara global melalui ekosistem di internet, ujar Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan dari Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi di acara peresmian Google Indonesia, Jakarta, Jumat (30/3) kemarin.

Namun Bachrul mengingatkan, Google dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia haruslah mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia. Dan berkoordinasi dengan kementerian terkait, yakni Kementerian Kominfo.

Google harus mematuhi aturan yang berlaku di sini, sesuai yang diatur dalam UU Telekomunikasi No.36/1999 dan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) No.8/2005, tegasnya.

Ia menggambarkan, seperti kita yang akan bertamu ke rumah atau negara orang harus mengikuti aturan atau hukum yang berlaku di tempat tersebut. Dan aturan itu berlaku buat siapa saja.Tak hanya Google, siapa pun yang akan berbisnis di sini, harus mematuhi undang-undang Indonesia, tandasnya.

Salah satu yang diharapkan Bachrul adalah ketentuan untuk membangun data center dapat dipenuhi Google. Ia tak ingin kasus RIM yang hingga kini masih belum ada kejelasannya terulang kembali. Kita tidak ingin seperti RIM yang selalu ngeles saat diminta bangun data center-nya di sini, kata Bachrul.

Sebenarnya sesuai dengan UU Telekomunikasi, Google atau pun RIM diwajibkan membangun data center di Indonesia, tambahnya. [hbs]

 

 

Previous articleGoogle Resmi Buka Kantor di Indonesia
Next articleBlackBerry ’‘Lempar Handuk’™ Lawan Android dan iPhone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here