Google Diam-diam Bikin Majalah Versi Online

Jakarta – Tak banyak yang tahu, ternyata Google telah diam-diam meluncurkan majalahnya sendiri dalam versi online, Think Quarterly. Rencananya ini akan terbit secara triwulanan yang bertujuan untuk menciptakan sebuah “ruang bernapas di dunia yang sibuk.”

Edisi pertama majalahnya, yang bertempat di Inggris, terdiri dari 68 halaman ke dunia data. Majalah triwulanan Google diedit dan dirancang oleh agensi kreatif Gereja London.

Artikel-artikel sendiri terdiri dari berbagai potongan tentang bisnis utama dan topik teknologi dari berbagai freelancer dan kontributor. Google mampu merangkul Simon Rogers, editor The Guardian Datablog, Ulrike Reinhard editor KAMI Magazine, dan wartawan lainnya untuk proyek tersebut.

Banyak artikel di majalah ini berisi tentang wawancara dengan para eksekutif Google dan pemimpin teknologi. Beberapa tokoh di antaranya termasuk Vodafone UK CEO Guy Laurence, Google Chief Economist Hal Varian dan psikolog terkenal, Peter Kruse.

Seperti yang dikutip Telsetnews dari Yahoonews, Jumat (25/3), Matt Brittin, Direktur Google yang mengelola daerah operasi Inggris dan Irlandia, dalam kata pengantar majalah tersebut mengatakan, “Kita tahu bahwa semakin cepat kita memberikan hasil, orang-orang lebih berguna menemukan layanan kami.”

“Tapi di dunia yang mempercepat perubahan, kita semua butuh waktu untuk merefleksikan. Think Quarterly adalah ruang bernapas di dunia yang sibuk. Ini adalah tempat untuk meluangkan waktu dan mempertimbangkan apa yang terjadi dan mengapa itu penting.” tambahnya.

Tidak jelas apakah majalah online baru adalah tanda lain bahwa Google memasuki bisnis media atau apakah itu hanya sebuah proyek untuk memberi makan keingintahuan intelektual perusahaan. Google tidak menggambarkan proyek terbarunya sebagai majalah atau publikasi. Sebaliknya, Google menyebutnya sebuah buku di website dan sebuah “alat komunikasi unik” di akun Twitter tersebut. [tsn/ hbs]{jcomments on}

 

Previous articleRIM Menarik Aplikasi Berdampak Negatif
Next articleRIM Raup USD 19,9 Miliar Sepanjang 2010

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here