telset

Google Blokir Akses YouTube untuk Pengguna Windows Phone?

ilustrasi
ilustrasi

Jakarta – Setelah sempat menutup layanan peta bagi para pengguna Windows Phone, kini Google dikabarkan kembali menutup akses layanan YouTube mobile bagi para pengguna Windows Phone.

Walaupun tidak ada pernyataan resmi dari pihak Google tentang hal ini, namun dilaporkan sejak tanggal 10 Januari lalu layanan video tersebut sudah tidak dapat diakses para pengguna Windows Phone.

Para pengguna Windows Phone melaporkan bahwa mereka tidak lagi dapat mengakses situs Youtube mobile yang beralamat di m.youtube.com yang berbasis HTML5.

Seperti dilansir PhoneArena, Minggu (13/1), pengguna Windows Phone yang mengakses m.youtube.com akan diarahkan ke satu halaman yang meminta mereka untuk memasang sebuah aplikasi untuk tugas tersebut. Namun setelah coba dicari, ternyata aplikasi tersebut tidak ditemukan.

Masalah ini dilaporkan oleh pengguna Windows Phone 8 yang menggunakan Internet Explorer dalam mode desktop, dan tidak akan terjadi masalah saat dalam mode tampilan Mobile. Pengguna Windows Phone 7 juga tidak bisa mengakses video dalam mode apapun walaupun pada dasarnya browser yang digunakan sama.

Tindakan pemblokiran oleh pihak Google ini sempat mendapat reaksi dari beberapa orang yang menganggap pemblokiran akses ini sebagai perbuatan yang tidak bisa dibenarkan karena layanan YouTube berada di internet yang seharusnya membuka akses bagi semua pihak.

Namun pendapat ini juga mendapat sanggahan dari beberapa orang lainnya yang menilai bahwa apa yang dilakukan Google adalah hak prerogatif Google sebagai pemilik layanan. Hal serupa juga dilakukan Apple untuk layanan iTunes.

Banyak yang memprediksi bahwa Google sedang melakukan negosiasi dengan Microsoft selaku pemilik produk Windows Phone untuk melisensi akses ke layanan YouTube, seperti halnya Microsoft melisensikan layanan ActiveSync kepada Google.[hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0