Google Kembangkan Chipset Khusus untuk Android?

Android ChipsetJAKARTA – Tak cukup dengan meluncurkan smartphone berjuluk Nexus, Google dikabarkan akan mulai mendesain dan membuat chip Android sendiri untuk digunakan pada perangkat yang mereka kembangkan.

Mirip dengan iPhone yang merancang chip Ax tetapi diproduksi oleh Samsung, Google juga ingin memproduksi chipset sendiri untuk memperkuat dominasi Android di pasar smartphone.

Untuk melakukan itu, Google  perlu meyakinkan perusahaan pembuat chipset seperti Qualcomm yang sudah menghasilkan chipset untuk Android dengan teknologi sendiri.

Kabar tentang Google akan mendesain chip sendiri menurut The Information muncul pada musim gugur lalu. Rencana ini sejalan dengan apa yang akan dilakukan Google untuk untuk membangun ‘Enterprise Connectivity Device’, yaitu Pixel C, laptop-tablet hybrid pada bulan September.

Salah satu manfaat Google membangun chip mobile sendiri juga untuk menambahkan fitur-fitur terbaru seperti Augmented dan Virtual Reality yang memang membutuhkan perangkat lunak dan keras yang lebih baik.

Niatan dari Google ini memang cukup sulit, Google perlu menxari partner yang bersedia menghasilkan chip dengan kualitas tinggi untuk smartphone high-end, tetapi dengan harga yang cukup terjangkau. (MFH/HZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI