BlackBerry 10 Sudah Bisa Telepon di WhatsApp

WhatsApp voice callingJAKARTA – Setelah sebelumnya WhatsApp merilis fitur Voice Call untuk Android dan pekan lalu pengguna iPhone sudah bisa ‘halo-halo’ di WhatsApp, kini layanan serupa juga sudah menyambangi pengguna BlackBerry 10.

Meskipun fitur Voice Call untuk iPhone yang dirilis sebelumnya masih dalam versi beta untuk beberapa bulan ke depan, namun kini fitur Voice Call di WhatsApp juga telah digulirkan untuk pengguna BlackBerry 10.

Update versi 2.12.1.2 yang sudah tersedia di BlackBerry World ini membawa sejumlah perbaikan bug dan peningkatan performa. Seperti kemampuan untuk mencari pesan individual secara instan, berikut dengan chat dan contact, meningkatkan ukuran font, serta pemilihan nada dering, dan masih banyak lagi.

Dengan fitur Voice Call, kini pengguna WhatsApp bisa bertelepon secara gratis. Namun kualitas suara dari fitur yang memanfaatkan jaringan internet (Voice over Internet Protocol/VoIP) ini sangat dipengaruhi stabil atau tidaknya jaringan Internet.

Pengguna hanya cukup mengakses menu “Calls” disamping menu “Chat” dan “Contact”. Untuk memulai panggilan suara cukup memilih logo telepon dan tanda plus yang terdapat di pojok kanan atas layar.

Selain itu, sekarang Anda juga dapat langsung mencari pesan individu, chatting dan kontak hanya dengan mengklik search dari daftar chatting. Tapi sebagai informasi, mungkin butuh beberapa hari sebelum fitur ini tersedia untuk Anda.

Sebagai aplikasi chatting terbesar di dunia saat ini, WhatsApp nampak semakin getol mendandani layanannya dengan berbagai fitur baru, salah satunya fitur Voice Call. Sebenarnya WhatsApp terbilang telat dalam menghadirkan fitur telepon gratis ini, karena sejumlah kompetitornya telah lebih dulu menyediakan fitur serupa.

Sebut saja Line, BlackBerry Messenger, dan Viber merupakan aplikasi instan messaging yang juga sudah lebih dulu menyediakan fitur ‘hal-halo’ via Voice over Internet Protocol (VoIP).

WhatsApp saat ini masih menjadi yang terbesar di pasa layanan instan messaging, dengan memiliki 800 juta pengguna aktif. Facebook sebagai pemiliki WhatsApp berambisi untuk menggenjot jumlah pengguna layanan chatting-nya ini menjadi 1 miliar pengguna.

Nah, bagi Anda pengguna handset BlackBerry 10 yang ingin menikmati fitur Voice Call di WhatsApp, bisa langsung download di sini. [HBS]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here