Geger! Pilot American Airlines Panik Dibuntuti Manusia Terbang

Manusia terbang jetpack

Telset.id, Jakarta – Bisa dibayangkan betapa terkejutnya pilot pesawat saat melihat “manusia terbang” dengan menggunakan jetpack sedang menguntiti mereka. Tak pelak, sang pilot langsung melaporkan kejadian ini kepada Air Traffic Control (ATC) Bandara Los Angeles dan FBI.

Pilot yang melaporkan kejadian yang menggegerkan itu diketahui dari maskapai American Airlines. Ia mengatakan telah melihat pria dengan jetpack.

{Baca juga: Sadis! Ada Orang Terbang Ikuti Pesawat Fly Emirates A380}

Sang pilot menjelaskan bahwa pria dengan jetpack itu terbang pada ketinggian sekitar 3.000 kaki. Kejadi ini sendiri terjadi di dekat Bandara Internasional Los Angeles (LAX), Amerika Serikat.

Pesawat dengan nomor penerbangan American 1997 itu berada dalam jarak 10 mil (16 kilometer) dari LAX pada Minggu (30/8/2020) pagi. Pilot pesawat mengatakan sangat terkejut dengan kejadian itu.

“Menara, American 1997, kami baru saja melihat pria dengan jetpack melintas,” kata pilot kepada petugas Menara ATC, seperti dikutip Telset.id dari Fox News,

Saat itu petugas ATC itu langsung merespon dengan menanyakan posisi “manusia terbang ber-jetpack itu di sebelah kiri atau kanan pesawat. Pilot pun menjawab bahwa pria misterius itu berada di sebelah kiri pesawat.

“(Pria jetpack) ada di sisi kiri, mungkin 300 yard (274 meter) atau lebih, hampir setinggi kami,” jawab sang pilot kepada petugas Menara ATC.

Dalam keterangannya, Federal Aviation Administration (FAA) mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi sekira pukul 6.30 malam waktu setempat.

{Baca juga: Motor Terbang dengan 5 Mesin Jet Ini Dibanderol Rp 5,4 Miliar}

Menariknya, kejadian itu tidak tidak hanya dilihat oleh satu pilot pesawat saja, karena ada pilot pesawat Fly Emirates A380 yang juga mengalami hal serupa. Pilot itu mengatakan melihat orang tersebut terbang sangat cepat di sebelah pesawat menggunakan jetpack.

“Dua awak penerbangan melaporkan melihat sesuatu yang tampak seperti seseorang di dalam jetpack pada Minggu lalu, sekitar pukul 06.30 waktu setempat,” demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh FAA.

Dengan adanya laporan kejadian tersebut, pihak ATC langsung mengimbau kepada para pilot untuk lebih berhati-hati, dan memantau pergerakan manusia terbang itu.

Pihak FAA sendiri menyatakan akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa sebenarnya manusia terbang ber-jetpack itu. FAA bahkan melibatkan FBI untuk ikut melakukan investigasi dari laporan pilot tersebut.

Pengamat penerbangan, Steve Cowell mengatakan bahwa dia yakin laporan kedua pilot itu akurat . Ia tak meragukan kemampuan pilot Amerika yang sangat yakin dengan yang mereka lihat.

Dengan kejadian ini, pilot sekarang tidak hanya mengkhawatirkan keberadaan pesawat lain di angkasa, burung, atau drone. Pilot kini pantas was was dengan kehadiran orang yang terbang secepat kilat menggunakan peralatan sejenis jetpack.

{Baca juga: Jepang Uji Coba Penerbangan Mobil Terbang}

Sebagai informasi, bahwa sebagian besar jetpack tidak dapat terbang setinggi itu. Yves “Jetman” Rossi, yang dikenal dengan jetpack terbang, memang punya kemampuan tersebut, tetapi biasanya terbang di bawah lingkungan aman. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here