telset

Gartner: Aplikasi Gratis Mendominasi Pasar

Jakarta – Hasil penelitian yang dilakukan lembaga survey, Gartner, menyebutkan bahwa tren unduhan aplikasi gratis dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada tahun lalu, Gartner mencatat telah ada 22 juta lebih aplikasi gratis yang telah diunduh para pengguna smartphone dari lintas OS. Dan hanya sekitar 2 juta lebih aplikasi yang berbayar.

Untuk tahun ini, Gartner menyebutkan telah ada sekitar 40 juta lebih aplikasi gratis yang ada di setiap App Store. Meningkat hampir dua kali lipat dari tahun lalu. Sementara yang berbayar, meningkat hingga 5 juta lebih. Total aplikasi download adalah 45 juta lebih aplikasi yang diunduh, dikutip telsetNews dari Techcrunch, Rabu (12/09).

Uniknya, Gartner memperkirakan di tahun 2016 nanti akan ada unduhan aplikasi gratis  lebih dari 280 juta. Sementara itu untuk yang berbayar sekitar 21 juta. Gartner mencatat, bahwa tingginya permintaan aplikasi gratis ini tak lepas dari peran ketiga dari toko penyedia aplikasi. Sebut saja Amazon dan Facebook yang punya App Store.

“Jumlah aplikasi yang tersedia saat ini didorong oleh peningkatan jumlah toko di pasar saat ini,” ucap  Direktur Riset Gartner, Sandy Shen. Ia pun mencatat bahwa secara keseluruhan permintaan aplikasi masih didominasi oleh Apple, Google dan Microsoft.

Di negara Cina, justru yang populer adalah toko aplikasi pihak ketiga. Kebanyakan para pemilik smartphone lebih mengunduh di layanan App Store vendor ponsel. Bahkan Google Play masih kalah populer dibandingkan App Store milik operator.[tsn/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0