Gara-gara Peta Satelit, Belgia akan Tuntut Google

Telset.id, Jakarta – Google Map bisa jadi merupakan salah satu aplikasi yang paling sering dipakai, karena menampilkan peta wilayah untuk mencari alamat atau lokasi tertentu. Namun di balik semua keuntungan itu, Google Maps dianggap berbahaya bagi keamanan negara.

Google Maps dituding bisa membahayakan keamanan suatu negara, karena pihak asing bisa mengetahui secara pasti lokasi kawasan terlarang atau strategis seperti markas militer atau kantor kepala negara.

Fitur ini juga yang membuat Belgia akan menuntut Google. Alasannya, raksasa teknologi Amerika Serikat itu tidak mengaburkan gambar lokasi pertahanan atau militer negara itu.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Belgia mengatakan pihaknya telah meminta lokasi-lokasi seperti pangkalan udara dan stasiun tenaga nuklir supaya dikaburkan dari layanan pemetaan satelit Google. Namun nampaknya perusahaan ini tidak mengindahkan permintaannya.

Baca juga: Tak Ada Lagi “Bumi Datar” di Google Maps

“Kementerian Pertahanan akan menuntut Google,” kata juru bicara Kementerian PErtahanan Belgia, seperti dilansir channelnewsasia.com, Jumat (28/9/2018).

Namun Kementerian Pertahanan Belgia tidak memberikan rincian tuntutan apa yang akan mereka layangkan ke Google, dan langkah-langkah selanjutnya yang akan mereka ambil.

Google sebelumnya telah memenuhi permintaan serupa dari pemerintah negara lain. Tetapi alasannya karena kekhawatiran terhadap geo mapnya dan foto jalan yang terperinci dianggap dapat membahayakan keamanan warga.

Sebelumnya sejumlah pengguna mengaku telah menemukan fitur baru di aplikasi Google Maps. Melalui fitur ini, Google Maps dimungkinkan cari tempat parkir rekomendasi di destinasi tujuan, meski pengguna masih dalam kondisi mengemudi.

Fitur baru di Google Maps itu diperkirakan masih dalam tahap pengujian. Sebab, pihak Google masih belum bisa dimintai konfirmasinya.

Berdasarkan laporan dari sejumlah pengguna, rekomendasi parkir di Google Maps muncul ketika mereka sedang berada di tengah-tengah perjalanan. Rekomendasi dapat menghilang, jika pengguna tidak melakukan tindakan apapun terhadapnya.

Baca juga: Canggih! Google Maps Bisa Deteksi Daya Baterai Ponsel

Rekomendasi parkir yang baru diketahui ada di Google Maps juga memungkinkan pengguna untuk menghilangkannya secara manual. Menariknya, ketika pengguna mengizinkan Google untuk memandu mereka ke tempat parkir yang disarankan, Google Maps langsung menampilkan estimasi waktu untuk mencapai tujuan. [WS/HBS]

Sumber: Channelnewsasia

Previous articleGrab Hengkang dari Thailand Gara-gara Go-Jek?
Next articleHacker Taiwan Ancam Hapus Akun Facebook Mark Zuckerberg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here