telset

Gara-gara Kebijakan Baru, Jumlah Pengguna Instagram Turun

Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta – Kabar tentang rencana Term and condition baru Instagram yang akan menjual foto milik para penggunanya yang diposting telah berimbas pada menurunnya jumlah pengguna situs berbagi foto tersebut.

Menurut laporan statistik dari AppStats, penurunan jumlah pengguna harian Instagram ini sangat signifikan, karena turun hingga setengahnya sejak bulan lalu.

AppStats melaporkan pada tanggal 17 Desember pengguna aktif Instagram tercatat 16,35 juta. Penurunan jumlah pengguna mulai terjadi saat itu hingga hanya mencapai 5,2 juta pengguna.

Tapi pada tanggal 19 Desember jumlah pengguna aktif Instagram sempat kembali meningkat menjadi 15,88 juta. Namun setelah itu jumlah pengguna Instagram dilaporkan terus menurun. Hingga tanggal 12 Januari kemarin jumlah pengguna Instagram tinggal  7,81 juta pengguna.

Penurunan jumlah pengguna Instagram ini disebutkan karena banyak pengguna aktif Instagram kecewa dengan Term and condition baru Instagram yang akan menggunakan foto-foto, like, dan username pengguna untuk tujuan marketing, tanpa izin dan kompensasi bagi para pengguna Instagram yang memposting foto-foto mereka.

Walaupun ada beberapa kalangan yang meragukan validitas data yang dikeluarkan AppStats ini, namun banyak pihak juga meyakini informasi tersebut cukup bisa menggambarkan bahwa sekarang pengguna sudah lebih memperhatikan soal masalah hak privasi mereka yang disalahgunakan.

Laporan ini juga bisa memberikan catatan bagi para perusahaan untuk tidak seenaknya memaksa pengguna untuk menyetuji semua kebijakan yang akan mereka jalankan di layanan gratis yang mereka sediakan.

Pengguna Instagram kini sudah bisa lebih mengerti dengan baik kebijakan yang dibuat Facebook sebagai induk perusahaan Instagram. Karena sebelumnya situs jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu juga pernah tersandung masalah penggunaan data pribadi penggunanya. [hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0