Gara-gara Gembong Narkoba, WhatsApp Kena Blokir di Brazil

WhatsApp spyingJAKARTA – WhatsApp mengalamai nasib kurang mengenakan di Brazil, setelah pemerintah Negeri Samba tersebut memerintahkan pemblokiran WhatsApp selama 48 jam. Kenapa ya?

WhatsApp sebenarnya memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak di Brazil. Aplikasi instant messaging ini disebutkan dipakai oleh 93 persen pengguna gadget di Brazil. Namun hal tersebut ternyata tidak bisa membendung keputusan pemerintah negara tersebut.

Dilaporkan bahwa pengadilan Brasil terhitung Kamis malam waktu setempat menginstruksikan kepada seluruh operator telekomunikasi di Brasil untuk memblokir WhatsApp selama 48 jam.

Penyebab perintah pemblokiran ini merupakan buntut dari masalah yang terjadi pada bulan Juli lalu, dimana pengadilan Brasil mendesak WhatsApp untuk memberikan informasi seputar transaksi narkoba yang dilakukan via WhatsApp.

Transaksi itu diklaim sebagai salah satu transaksi organisasi kriminal terbesar di Brazil. Namun ternayata WhatsApp tidak mengindahkan perintah yang diinstruksikan oleh pengadilan sampai batas yang ditentukan, yakni tanggal 23 Juli dan 7 Agustus lalu.

Tapi sebenarnya masalahnya bukan karena itu saja. Masalah pemblokiran tersebut juga disebabkan karena WhatsApp ternyata dibenci oleh operator selular di Brasil. Alasannya, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan dan melakukan panggilan telepon via internet, sehingga operator selular mengalami kerugian.

Pihak WhatsApp sendiri telah menyatakan kekecewaannya kepada pihak pengadilan di Brazil yang membuat keputusan secara sepihak untuk memblokir WhatsApp.

“Kami sangat kecewa dengan keputusan sepihak yang memutus akses WhatsApp, alat komunikasi utama masyarakat Brasil. Dan cukup menyedihkan melihat Brasil mengisolasi dirinya dari dunia,” ujar CEO WhatsApp, Jan Koum. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI