Gara-gara Bug, Foto Pribadi di Aplikasi Kencan Gay Bocor

Telset.id, Jakarta – Gara-gara bug keamanan pada aplikasi kencan gay atau lelaki penyuka sesama jenis, informasi penting para penggunanya akhirnya tersebar ke internet. Bug yang terdapat pada aplikasi kencan bernama Jack’d ini, menyebabkan foto-foto pribadi pengguna terungkap ke internet.

Dilansir Telset.id dari BBC, pada Jumat (08/02/2019), siapapun yang dapat mengakses internet, dimungkinkan untuk mengakses jutaan foto pribadi tersebut, meskipun mereka tidak memiliki akun Jack’d.

Bug keamanan tersebut sebenarnya telah diketahui oleh peneliti keamanan, Oliver Hough. Ia mengatakan, bug itu telah dilaporkan ke pihak aplikasi sejak tahun lalu.

{Baca juga: Tim Cook: Jadi Gay adalah Anugerah Terindah dari Tuhan}

Akan tetapi, Jack’d sama sekali belum memperbaikinya, dan belum menanggapi permintaan komentar apapun terkait bocornya informasi pengguna.

“Mereka mengakui laporan saya, tetapi kemudian hanya diam dan tidak melakukan apa-apa,” kata Hough.

“Seorang jurnalis menghubungi mereka pada bulan November dan mereka melakukan hal yang sama,” tambahnya.

{Baca juga: 5 Tips Aman First Date dengan “Gebetan” dari Aplikasi Kencan}

Sekadar informasi, aplikasi yang telah diunduh sebanyak lebih dari lima juta kali di Google Play Store ini memungkinkan pengguna untuk membagikan foto pribadi ke pengguna tertentu yang mereka pilih. Namun, Hough menemukan bahwa semua foto yang dibagikan ke dalam aplikasi diunggah ke web server yang terbuka.

Sehingga, seluruh foto-foto tersebut dapat dilihat oleh siapapun yang dapat mengaksesnya. Bahkan menurut situs berita Ars Arsica, aplikasi itu juga membocorkan data lokasi dan metadata milik pengguna.

Jack’d sendiri, melalui kepala eksekutifnya, Mark Girolamo mengatakan bahwa perbaikan terhadap bug akan dilakukan pada Kamis, minggu ini. Namun, aplikasi tetap belum mengeluarkan pernyataan untuk mengatasi kekurangan itu. (BA/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI