Categories: NEWS

Gara-Gara Android, Google Digugat Operator

Nur Hamzah

Jakarta – Google kembali mendapat gugatan. Kali ini giliran operator yang bertempat di negara pangeran Charles, British Telecom, yang mendaftarkan gugatannya di pengadilan Delaware, Amerika Serikat. Gugatan setebal 23 halaman itu berisi tentang enam paten yang dianggap BT telah melanggar paten miliknya.

Dalam lembaran gugatan tersebut, BT mengatakan bahwa paten tersebut telah banyak digunakan pada beberapa fitur Android seperti Android Market, Google Maps, Google Search, Google Offers bahkan Google +, kutip Telsetnews dari Engadget, Senin (19/12).

Belum diketahui berapa besar nilai nominal yang diajukan BT atas kerugian hak paten tersebut. Sayangnya dari pihak Mountain View tersebut tidak bisa dimintai keterangan atas gugatan yang dilayangkan kepadanya.

Setidaknya banyak analis berpendapat bahwa sudah seharusnya Google mengubah strategi bisnis dalam industri smartphone agar tak tersandung paten baru. Karena jika yang digugat adalah paten dalam sistem operasi Androidnya, semua vendor ponsel yang menggunakan Android akan terkena imbasnya. (tsn/hz)

Leave a Comment