Galaxy S4 vs The World

Galaxy S4 Vs HTC OneJakarta – Benchmark merupakan patokan untuk melihat kinerja dan performa smartphone. Dengan membandingkan hasil benchmark tentu akan tergambar smartphone mana yang lebih unggul. Seolah memberikan gambaran bagaimana kekuatan smartphone. Nah, bagaimana jika hasil benchmark diadu. Berikut ini kami sajikan ‘pertarungan benchmark’ dari Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy Note II, LG Optimus G Pro, LG Nexus 4, dan HTC One.

Untuk membandingkan keenam smartphone jagoan itu, digunakan software benchmark yang biasa dijadikan patokan seperti AnTuTu, Quadrant Standart, Vellamo, GLBenchmark 2.5, dan GLBenchmak 2.7.

AnTuTu sendiri merupakan software benchmark untuk mengukur kinerja smartphone lewat pengujian Memory Performance, CPU Integer Performance, CPU Floating point Performance, 2D 3D Graphic Performance, SD card readling/writting speed, dan data Base I/O. Dari hasil benchmark-nya, HTC One unggul dibandingkan lima smartphone lainnya dengan skor 23529. Mendekati angka tersebut, muncul Galaxy S4 dengan skor 23391. Sementara LG Optimus Pro G mengambil tempat ketiga, disusul Galaxy Note II, Nexus 4, dan Galaxy SIII.

Agar lebih meyakinkan, benchmark menggunakan Quadrant Starndart pun dilakukan. Software ini akan mengukur kecepatan CPU, I/O, dan grafis 3D. Kali ini Galaxy S4 menunjukkan keunggulannya meski tidak terpaut jauh dari HTC One. Hasil yang ditunjukkan One juga tidak terlalu buruk, hanya saja skor smartphone ini sedikit di bawah 12000.

Banyak orang yang menggunakan smartphone untuk menjelajah internet. Oleh karena itu, kinerja browsing menjadi hal yang patut diperhitungkan. Vellamo pun akan mengukur kinerja HTML5 dan hal yang berkaitan dengan CPU dan grafis lewat softwarenya. LG Optimus G Pro pun unjuk mengambil posisi pertama dengan skor mendekati 2500. Diikuti oleh One yang menempati urutan kedua, kemudian Galaxy S4 di peringkat ketiga. Urutan buncit dihuni oleh Nexus 4 dengan skor kurang dari 1500.

Supaya lebih puas, pengukuran lewat GLBenchmark lewat Egypt HD pun dilakukan untuk melihat kinerja GPU dalam menangani Open GL ES. Di sini, pengukuran dilakukan untuk melihat fps layar. Nexus 4 yang tidak menunjukkan keandalannya lewat Vellamo malah mengungguli smartphone lain dengan skor 44 fps. Diikuti Galaxy S4 dengan skor 40fps dan One dengan skor 34 fps.

Hasil benchmark Nexus 4 dengan kualitas layar 720p tetap unggul melalui GLBenchmark 2.7 yang menguji layar lewat T-Rex HD, meninggalkan Galaxy S4 yang memiliki layar 1080p di posisi kedua. Optimus G Pro yang juga memiliki resolusi layar 1080p harus rela berada diposisi keempat yang tersalip dengan Galaxy S4 pada urutan ketiga.

  Galaxy S4 Galaxy S3 Note II Optimus G Pro Nexus 4 HTC One
AnTuTu Posisi 2 Posisi 6 Posisi 4 Posisi 3 Posisi 5 Posisi 1
Quadrant Standart Posisi 1 Posisi 6 Posisi 4 Posisi 3 Posisi 5 Posisi 2
Vellamo Posisi 3 Posisi 5 Posisi 4 Posisi 1 Posisi 6 Posisi 2
GLBenchmark 2.5 Posisi 2 Posisi 6 Posisi 5 Posisi 4 Posisi 1 Posisi 3
GLBenchmark 2.7 Posisi 2 Posisi 6 Posisi 5 Posisi 3 Posisi 1 Posisi 4

 

Bila dibandingkan seperti ini, Galaxy S3 tidak bisa mengungguli yang lain dengan mengandalkan chipset Exynos 4412 quad, CPU quad-core Cortex A-9 berkekuatan 1.4 GHz, GPU Mali-400MP, dan layar 720p. Sementara hasil pengukuran Galaxy S4 dan HTC One saling susul-menyusul meski sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 600. (LKH/HZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0