Fluidic Energy Bantu Indosat Bangun BTS Ramah Lingkungan

Kerjasama Fluidic Energy dan Indosat
Kerjasama Fluidic Energy dan Indosat

Nusa Dua – Fluidic Energy, perusahaan penyedia layanan energi ramah lingkungan membantu Indosat untuk penyediaan jaringan telekomunikasi yang handal melalui solusi tambahan daya yang dikelola secara lengkap.

Mengkombinasikan ratusan sistem tambahan daya dari Fluidic yang telah dipasang pada jaringan Indosat selama 18 bulan terakhir, kini Indosat memperluas pemasangan solusi daya ramah lingkungan yang menjadi salah satu terbersih untuk industri telekomunikasi di dunia.

Dengan mengadopsi solusi dari Fluidic, Indosat secara substansial telah mengurangi emisi CO2 dari genset diesel dan polusi air tanah dari baterai timbal yang biasa digunakan sebagai sumber daya untuk site telekomunikasi selama ini.

Solusi daya Fluidic didasarkan pada teknologi baterai Zinc-Air yang telah dipatenkan dan merupakan terobosan besar pada pembuatan solusi daya tambahan yang baru, bersih dan cerdas.

“Perluasan pemasangan teknologi dari Fluidic ini menjadi bagian dari upaya kami untuk meningkatkan ketersediaan dan kualitas jaringan Indosat, termasuk bagi pelanggan yang berada di daerah dengan ketersediaan daya yang terbatas,” kata President Director & CEO Indosat Alexander Rusli dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (8/10).

Selain menerapkan baterai Zinc-Air dalam proyek ini, program penghematan pemakaian energi telah dilakukan antara lain dalam penggunaan BTS hemat energi, serta penggunaan BTS tenaga surya di berbagai remote area yang belum terjangkau energi listrik/PLN.

Sementara itu, CEO Fluidic Energy Chuck Ensign mengatakan, bahwa pihaknya sangat antusias untuk kelanjutan kerjasama dan pemesanan kembali yang dilakukan Indosat,

“Kami bekerja sama dengan operator global lain yang memiliki dan berbagi visi serta komitmen yang sama untuk infrastruktur dengan menggunakan daya yang ramah lingkungan,” kata Ensign.

Langkah indosat menerapkan teknologi yang ramah lingkungan pada jaringannya telah berbuah beberapa penghargaan. Seperti Indonesia Green Award 2013 dari Yayasan La Tofi untuk penerapan baterai cadangan BTS ramah lingkungan.

Juga penghargaan dari Global Telecoms Business Innovation Awards 2013 dari Global Telecom Business untuk keberhasilan mengatasi hambatan biaya, backhaul dan daya dalam menggelar BTS dengan tenaga surya.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI