Fitur Bawaan iOS Ini Bikin iPhone Rentan Diserang Hacker

iTunes WiFi Sync

Telset.id, Jakarta – Baru-baru ini telah ditemukan bug pada salah satu fitur bawaan iOS yakni iTunes Wifi Sync yang bakal membuat iPhone, iPad hingga iPod dalam keadaan bahaya.

Pertama kali ditemukan oleh para peneliti keamanan Symantec, buitu memungkinkan para hacker atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab lainnya untuk dapat mengontrol penuh perangkat berbasis iOS, termasuk mencuri data-data penting pada memori perangkat tersebut.

Seperti diketahui, iTunes WiFi Sync merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan berbagai konten hingga data secara wireless antara komputer yang telah mendapatkan izin akses dengan iPhone.

Baca Juga: Duh! Hacker Bisa Mata-matai Korban Pakai CCTV

Jadi siapapun yang memiliki akses ke komputer, dapat secara diam-diam mengintip hingga mengambil data dari iPhone yang telah terhubung, asalkan berada di jaringan yang sama.

Dilansir dari Tech Viral, pihak Symantec sendiri telah menghubungi Apple atas bug berbahaya tersebut untuk segera memperbaikinya. Mereka juga mengingatkan kepada perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat itu bahwa bug inipun berlaku pada sistem operasi terbaru, iOS 11.

Sekedar informasi, pada iOS 11 Apple telah menyertakan kode PIN untuk memberikan izin akses ke komputer. Tapi Symantec merasa itu tidak memperbaiki masalah sama sekali, karena ketika komputer sudah mendapatkan izin akses, maka tak ada lagi pertanyaan atau permintaan izin akses terhadap komputer yang sama.

Baca Juga: Awas! Hacker Bisa Bobol Windows 10 Lewat Cortana

Sehingga kami sarankan bagi Anda untuk sementara jangan menggunakan fitur iTunes WiFi Sync terlebih dahulu. Selain itu, coba periksa perangkat apa saja yang terhubung dengan iPhone Anda dengan masuk ke Settings > General > Reset. Terakhir, pastikan untuk menolak akses jika Anda menghubungkan iPhone ke komputer. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here