Facebook, Twitter Dkk Hapus Postingan Hoax Trump Soal Corona

Twitter hapus Donald Trump

Telset.id, Jakarta – Facebook, Twitter, dan YouTube kompak menghapus postingan Presiden Donald Trump soal virus corona. Unggahan Trump disebut melanggar aturan soal pembagian informasi yang salah tentang Covid-19.

Unggahan tersebut berisi klip video wawancara Trump dengan Fox & Friends pada hari sebelumnya. Dalam wawancara itu, dilansir Reuters, Trump mengklaim bahwa anak-anak “hampir kebal” terhadap Covid-19.

“Video tersebut menyertakan klaim palsu bahwa sekelompok orang kebal dari Covir-19. Klaim itu melanggar kebijakan kami seputar misinformasi Covid-19 yang berbahaya,” demikian kata juru bicara Facebook.

{Baca juga: Donald Trump Larang TikTok dan WeChat di Amerika Serikat}

Sebuah cuitan berisi video yang diposting oleh akun @TeamTrump  atau tim kampanye Trump dan dibagikan oleh sang presiden juga disembunyikan oleh Twitter karena melanggar aturan misinformasi Covid-19.

Seperti dikutip Telset.id, Kamis (6/8/2020), seorang juru bicara Twitter mengatakan bahwa pemilik akun @TeamTrump akan diminta untuk menghapus cuitan menyesatkan tersebut. Twitter memberi toleransi waktu.

YouTube, melalui juru bicara, mengaku juga telah menurunkan video serupa karena melanggar kebijakan informasi salah soal virus corona. Namun, wawancara asli tetap tersedia di halaman Fox News di platform.

Kampanye Trump menuduh perusahaan-perusahaan itu bias. Mereka menyebut, Trump menyatakan sebuah fakta. “Perusahaan media sosial bukanlah penengah kebenaran,” kata Courtney Parella, juru bicara kampanye.

{Baca juga: Lagi, Twitter Hapus Kicauan Presiden Donald Trump}

Penghapusan postingan Trump di media sosial sendiri sebenarnya bukan baru kali ini terjadinya. Sebelumnya, Twitter juga menghapus foto yang diunggah Donald Trump karena terbentur aturan hak cipta.

Media sosial tersebut menerima protes mengenai hak cipta dari pihak New York Times. Foto yang dicuit Donald Trump di Twitter pada 30 Juni 2020 menunjukkan meme yang bertuliskan kalimat “Kenyataannya mereka tidak mengejar saya. Mereka mengejar Anda. Saya hanya menghalangi.” [SN/IF]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here