telset

Facebook Masih Setengah Hati Perangi Berita Palsu

Telset.id, Jakarta – Awal pekan lalu, Facebook menjadi tuan rumah bagi sekelompok wartawan. Bertempat di kantor NYC, Facebook menggelar sesi tanya jawab tentang upaya untuk melawan berita palsu.

Acara yang dipimpin oleh Kepala News Feed Facebook, John Hegeman, dan spesialis produk News Feed, Sara Su, itu dimulai dengan pemutaran sebuah film pendek bergenre dokumenter. Judulnya Facing Facts.

Film tersebut debut pada Mei 2018 lalu, menceritakan tentang kisah perjuangan perusahaan dalam menyingkirkan misinformasi yang tampaknya cukup sulit untuk diatasi. Facebook menceritakan semuanya di sana.

Selama berbulan-bulan, Facebook telah berbicara tentang betapa sulitnya bekerja untuk memperbaiki masalah itu. Perusahaan telah menyewa pemeriksa fakta pihak ketiga, menghapus akun palsu, dan banyak lagi.

Namun, pada acara yang berlangsung Rabu (11/7/2018) tersebut, Facebook justru cenderung meninggalkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Semua tak lepas dari komitmen Mark Zuckerberg dkk.

Ya, pada kesempatan itu, Facebook mengaku sangat percaya bahwa mengurangi berita palsu alangkah lebih baik daripada menghapusnya. Bagi awak media, kalimat tersebut tampak seperti bukan pendekatan terbaik.

Jika ingin serius dalam menyelesaikan penyebaran informasi palsu, terutama dari penerbit, Facebook seharusnya mengambil sikap dengan melarang sepenuhnya. Baik Hageman maupun Su melontarkan ucapan senada.

“Facebook harus menjadi platform untuk semua ide. Facebook harus melindungi kebebasan berbicara. Jadi, Facebook tidak bisa jika memperlihatkan keberpihakan,” ujar mereka, dilansir Engadget, Senin (16/7/2018).

Seorang jurubicara Facebook mengatakan, perusahaan hanya dapat menghapus hal-hal yang melanggar standar. Facebook, katanya, tidak memiliki kebijakan yang menetapkan bahwa semua yang diposting haruslah benar.

Jadi, bisa dibilang, apa yang digembar-gemborkan oleh Facebook selama ini tak sepenuhnya benar. Mereka selalu mengaku terus berupaya memerangi berita palsu di Feed. Padahal, mereka masih setengah hati memeranginya. [SN/IF]

Sumber : Engadget

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0