Facebook Siapkan Rp 1,65 Triliun Bantu Wartawan Liputan Corona

wartawan liputan corona Proyek Jurnalisme Facebook

Telset.id, Jakarta  – CEO Facebook, Mark Zuckerberg pada Senin (30/3/2020) waktu setempat, mengumumkan bahwa perusahaan akan menyiapkan dana senilai USD 100 juta atau setara Rp 1,65 triliun untuk bantu wartawan liputan corona lewat Proyek Jurnalisme Facebook.

Menurut laporan New York Post, dikutip Telset.id, Selasa (31/3/2020), dana sebesar itu diperuntukkan beberapa sektor. Dana USD 25 juta atau Rp 410 miliar untuk dana hibah darurat bagi wartawan liputan corona.

{Baca juga: 10 Tips Facebook Ini Bantu Kamu Identifikasi Hoaks soal Corona}

Sementara dana USD 75 juta atau sekira Rp 1,23 triliun dalam Proyek Jurnalisme Facebook akan dipakai untuk pemasaran guna mendukung atau bantu wartawan liputan corona.

“Sebagai bagian dari upaya untuk mendukung ekosistem berita dan memastikan semua orang memiliki akses ke informasi yang akurat dan tepat waktu, kami menginvestasikan USD 100 juta guna mendukung wartawan, terutama yang berfokus kepada berita lokal,” katanya.

Saat ini, lanjut Zuckerberg, wartawan sedang bekerja dalam kondisi yang sangat sulit untuk menjaga agar tetap mendapatkan informasi. Banyak agensi berita sedang berjuang karena dampak ekonomi wabah corona. “Mereka benar-benar terpukul,” tambah Zuckerberg.

Program darurat baru ini merupakan tambahan dari USD 300 juta yang telah dikucurkan Facebook untuk mendukung pemberitaan selama beberapa tahun ke depan. Lewat dana taktis tersebut, Zuckerberg berharap bisa  mendukung banyak jurnalis selama pandemi.

“Harapannya, selama wabah virus corona, wartawan dapat terus melakukan pekerjaan kritis. Dengan demikian, masyarakat akan mendapatkan informasi akurat mengenai perkembangan wabah virus corona serta solusi penanganannya,” sambungnya via postingan.

{Baca juga: Google, Facebook, Microsoft dkk Sepakat Perangi Hoaks Corona}

Facebook juga telah memulai beberapa inisiatif lain untuk memerangi pandemi virus corona. Awal bulan ini, Facebook mengumumkan akan meluncurkan program senilai USD 100 juta, yang terdiri atas hibah tunai dan kredit iklan dalam upaya membantu bisnis kecil. [SN/HBS]

 

SOURCENew York Post
Previous articleBill Gates: Amerika Harus Shutdown, Tutup Total!
Next articleTrafik Skype Melonjak, Saham Microsoft Meroket

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here