Facebook Salahkan Apple Terkait Kasus Jeff Bezos

Kasus Jeff Bezos

Telset.id, Jakarta Facebook buka suara terkait kasus peretasan smartphone milik Jeff Bezos. Raksasa media sosial ini menyalahkan sistem operasi iOS milik Apple, karena smartphone bos Amazon yang diretas adalah iPhone X.

Dilansir Telset.id dari Gizmodo pada Selasa (28/01/2020), Wakil Presiden Facebook urusan Global dan Komunikasi, Nick Clegg menegaskan bahwa kasus peretasan Jeff Bezos bukan salah WhatsApp.

Menurutnya aplikasi milik Facebook tersebut memiliki enkripsi end-to-end yang tidak dapat dibongkar.

{Baca juga: Arab Saudi Bantah Dalangi Peretasan Smartphone Bos Amazon}

“Anda tahu apa yang mereka sebut operasinya. Dioperasikan di telepon itu sendiri. Tidak mungkin ada apa pun di WhatsApp ketika pesan dikirim karena itu dienkripsi end-to-end,” ujar Clegg.

Perlu diketahui, ketika sang bos Amazon menerima file video mencurigakan dari pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman via WhatsApp pada Mei 2018 lalu, Jeff Bezos sedang menggunakan iPhone X.

Clegg yakin, kasus ini terjadi akibat adanya celah sistem iOS. Ia mengatakan, sistem enkripsi end-to-end pada WhatsApp sangat aman, sehingga tidak mungkin terjadi peretasan.

{Baca juga: Smartphone Bos Amazon Diretas, Bukti Aplikasi Chatting Tak Aman?}

“Anda dapat yakin bahwa teknologi enkripsi end-to-end tidak bisa, kecuali jika Anda memiliki handset, atau Anda memiliki pesan di kedua ujungnya, tidak dapat diretas,” katanya.

Ini bukan pertama kalinya Facebook menyalahkan sistem operasi iOS dalam kasus peretasan. Wakil Presiden Facebook untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika, Nicola Mendelsohn mengatakan bahwa penyebab peretas smartphone Jeff Bezos karena potensi kerentanan mendasar yang ada pada sistem operasi aktual pada ponsel. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here