Facebook Pakai Miliaran Foto Instagram Latih Algoritma AI

Telset.id, Jakarta – Foto Instagram Anda membantu Facebook melatih algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) buatannya untuk lebih memahami objek dalam gambar. Facebook mengumumkannya pada konferensi tahunan F8 di San Fransisco, California, Amerika Serikat.

Facebook mengatakan bahwa pendekatan itu merupakan cara tepat untuk melatih perangkat lunak dalam mengumpulkan miliaran gambar. Keberadaan algoritma AI Facebook mengesampingkan bantuan manusia dalam menganalisis data dan menulis kepsyen foto di Instagram.

“Selama ini, pengguna menghabiskan banyak waktu hanya untuk menyertakan kepsyen foto di Instagram. Ironisnya, komputer belum bisa membantu manusia dalam melakukan pekerjaan itu. Sekarang, kami menghadirkannya untuk Anda,” kata Mike Schroepfer, kepala teknologi Facebook.

Menggunakan foto di Instagram yang sudah diberi tanda pagar, algoritma AI Facebook dapat mengumpulkan data relevan dan memanfaatkannya untuk melatih pengenalan objek. “Pendekatan yang kami lakukan cukup praktis,” imbuh Schroepfer di hadapan para peserta konferensi.

Facebook membangun algoritma AI untuk membantu moderasi. Facebook terus memperbaiki platform setelah muncul sederet kasus, mulai gangguan pemilu Rusia hingga skandal privasi data Cambridge Analytica. Facebook berupaya mengantisipasi penyalahgunaan data maupun sistem oleh oknum.

“Sebagian besar moderasi sedang ditangani oleh algoritma AI, membantu Facebook menyaring dan menghapus propaganda terorisme, porno aksi, kekerasan, spam, dan ujaran kebencian yang berseliweran di akun pengguna. Kami berharap teknologi ini bisa menjadi solusi,” pungkas Schroepfer.

https://www.theverge.com/2018/5/2/17311808/facebook-instagram-ai-training-hashtag-images

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here