Facebook Home Sudah Didownload Sebanyak 1 Juta Kali

facebook home
facebook home

Jakarta – Setelah resmi diluncurkan sebulan yang lalu, aplikasi Facebook Home telah mencatat pencapaian 1 juta download di Google Play.

Facebook Home merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai sistem operasi pada ponsel pintar yang diluncurkan Facebook pada awal bulan lalu. Jika dibandingkan dengan aplikasi Facebook yang telah ada lebih dulu di perangkat Android, pencapaian Facebook Home sebenarnya tidak terlalu istmewa alias biasa-biasa saja.

Direktur Facebook untuk ponsel, Cory Ondrejka mengungkapkan, bahwa Facebook Home sampai pertengahan Mei 2013 ini telah diunduh sekitar 1 juta kali. Pada 12 Mei 2013, Facebook Home memang telah di-install sebanyak 1-5 juta kali di Google Play Store.

Meningkatnya jumlah unduhan Facebook Home sebenarnya bisa dikatakan sebagai tonggak pencapaian yang bagus. Namun jika diperhatikan justru pencapaian Facebook Home sebenarnya lebih rendah dibanding aplikasi Facebook di Android.

Seperti dilansir Mashable, Senin (13/5), aplikasi Facebook hanya butuh 10 hari untuk bisa mencapai 500 ribu download. Sementara aplikasi Facebook Home harus tertatih-tatih hingga membutuhkan waktu 2 kali lebih lama untuk mencapai angka tersebut.

Hal ini terjadi karena kemungkinan aplikasi Facebook untuk perangkat berbasis Android dapat diinstal pada berbagai tipe smartphone. Sementara aplikasi Facebook Home hanya terbatas pada beberapa tipe smartphone saja.

Kurang peminatnya Facebook Home juga terlihat dari data yang dikelurkan App Annie –situs yang merekap rangking app store—dimana Facebook Home saat ini berada di bawah 100 besar aplikasi Android di setiap negara yang punya layanan Android.

Di Amerika Serikat yang memiliki basis pengguna Facebook cukup besar, aplikasi Facebook Home hanya masuk dalam 50 besar, bahkan belakangan menurun jadi 300 besar.

Diunduh 1 juta kali memang sebenarnya bukanlah hal yang luar biasa. Karena jika diperhatikan, sebenarnya banyak developer aplikasi yang berhasil meraih unduhan sebanyak 1 juta kali.

Bagi Facebook sendiri, pencapaian ini juga tidak istimewa. Pasalnya, situs jejaring sosial terbesar di dunia ini memiliki lebih dari 750 juta pengguna ponsel yang aktif per bulannya.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0