Facebook Hapus 5.000 Iklan Diskriminatif  

Telset.id, Jakarta – Untuk mencegah diskriminasi, Facebook memangkas 5.000 iklan pada Selasa (21/8) waktu setempat. Penghapusan iklan di Facebook digadang akan mendorong para pengiklan untuk membuat iklan yang lebih beretika.

“Kami berharap pengiklan bisa membuat iklan yang jauh dari unsur etnis, kepercayaan, afinitas politik, atau hal-hal sensitif lain. Meminimalisasikan risiko penyalahgunaan lebih penting,” ujar Facebook seperti dilansir The Next Web.

Kebijakan itu diumumkan sepekan setelah Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan Amerika Serikat (AS) menuduh Facebook membiarkan pengiklan menjual rumah menggunakan sistem target iklan dengan mendiskriminasi pembeli.

Baca juga: Facebook Teken Perjanjian Iklan Bebas SARA

Keluhan resmi yang diajukan oleh Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan AS menyebut, pengiklan di Facebook menawarkan rumah dengan melibatkan unsur-unsur ras, agama, jenis kelamin, kebangsaan, hingga disabilitas pembeli.

Laporan media pada tahun ini mencatat, pengiklan di Facebook menargetkan iklan kepada orang AS, Afrika, Hispanik, atau orang dengan demografi tertentu. Namun, prioritas mereka memasarkan produk diperuntukkan orang kulit putih.

Baca juga: Facebook: Kami Tak Izinkan Konten Berita Palsu

Sebagian besar istilah diskriminasi dihapus dari kategori iklan di Facebook, tetapi pengiklan dapat melihat ketika orang yang tertarik untuk membeli mengirimkan pesan. Pengiklan memasang pertanyaan seperti Paskah, Islam, Budha, dll.

“Kami berkomitmen untuk melindungi warga dari iklan yang diskriminatif di Facebook. Sekarang, smua pengiklan di AS harus menyatakan menerima kebijakan non-diskriminasi di jaringan sosial,” pungkas Facebook. [BA/HBS]

Sumber: The Next Web

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI