Facebook dkk Kompak Cekal Ahli Konspirasi Alex Jones

Telset.id, Jakarta – Akun Facebook ahli teori konspirasi Amerika Serikat (AS), Alex Jones, telah diblokir karena tindakan bullying dan ujaran kebencian. Halaman yang terkait situs Infowars miliknya juga dihapus dari Facebook.

Akun pribadi Alex ditangguhkan oleh Facebook selama sebulan atau 30 hari. Facebook menilai, empat video yang diterbitkan di halaman yang dikelola oleh Jones dan Infowars bertentangan dengan standar komunitas.

“Video tersebut hampir tidak dipublikasikan lantaran memuat pelanggaran tentang standar komunitas, baru-baru ini,” kata Facebook dalam sebuah pernyataan, dikutip Telset.id dari CNNMoney, Senin (6/8/2018).

Baca juga: Cegah Ujaran Kebencian, Facebook Uji Tombol Downvote

Penghapusan konten Jones di Facebook dinilai sebagai sebuah teguran keras. Meski demikian, halaman-halaman yang dioperasikan oleh Jones dan Infowars tetap aktif karena tidak melewati ambang batas tertentu.

Selain Facebook, YouTube, Spotify, serta Apple juga menangguhkan unggahan Alex Jones pada awal pekan ini. Situs Jones Infowars menghadapi penghapusan permanen jika tetap mengunggah konten negatif pascapenangguhan selama 90 hari.

Baca juga: Facebook Teken Perjanjian Iklan Bebas SARA

“Standar komunitas kami jelas melarang konten yang mendorong kerusakan fisik atau menyerang seseorang berdasarkan afiliasi keagamaan atau identitas gender. Kami akan langsung menghapus seketika mengetahuinua,” tegas Facebook.

Sejak mendirikan Infowars pada 1999, Jones telah memancing banyak penonton. Di antara berbagai teori yang dipromosikannya adalah serangan 11 September 2001 di New York dan Washington dipentaskan oleh pemerintah.

Baca juga: Facebook akan Hapus Konten Rasis Pemicu Kekerasan

Dengan penangguhan oleh Facebook, Jones tidak dapat mengunggah apapun di profil pribadi atau halamannya. Ia juga tidak dapat mengirim pesan, memberi komentar, atau mengunggah di tempat lain yang ada di Facebook. [SN/HBS]

Sumber: CNN

 

 

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0