Meski Dibatalkan, Exhibitor MWC 2020 Tak Dapat Refund

Telset.id, Jakarta – Gelaran Mobile World Congress atau MWC 2020 telah resmi dibatalkan akibat wabah virus corona. Meski diemikian, GSMA selaku penyelenggara menginformasikan bahwa mereka tidak akan memberikan pengembalian uang alias refund bagi para exhibitor di event tahunan tersebut.

Sebelumnya, MWC 2020 rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 24-27 Februari 2020 di Barcelona, Spanyol. Setelah mempertimbangkan keselamatan dan banyaknya peserta yang mengundurkan diri, GSMA pun mengumumkan pada 13 Februari bahwa mereka resmi membatalkan event akbar tersebut.

Mengenai biaya pameran yang sudah dikeluarkan oleh para exhibitor, GSMA menyatakan dalam email bahwa situasi seperti saat ini belum pernah terjadi sebelumnya dan tidak dapat diasuransikan.

{Baca Juga: MWC 2020 Batal Digelar, Barcelona Rugi Rp 7,4 Triliun}

Sebagaimana dikutip Telset.id dari GizChina, Sabtu (22/2/2020), GSMA mengatakan bahwa tidak ada pengembalian uang yang akan diberikan kepada para peserta pameran.

“Karena force majeure, kami tidak akan memberikan pengembalian uang sesuai syarat dan ketentuan standar kami untuk pameran, iklan, dan sponsor, pasal 21.10,” tulis GSMA dalam emailnya.

GSMA menambahkan, “sebagai penyelenggara seluruh industri dan ekosistem terkait, situasi ini memiliki dampak keuangan yang sangat signifikan pada GSMA. Kami menghargai pengertian dan kesabaran Anda.”

Selain itu, GSMA juga menyampaikan harapan agar peserta pameran dapat menunggu dengan sabar. Sebab, saat ini GSMA tengah menyiapkan beberapa solusi untuk mengurangi dampak dari pembatalan bagi para exhibitor MWC 2020.

{Baca Juga: MWC 2020 Batal, GSMA Cuma Bisa Pasrah}

Mereka juga berharap dapat terus mempertahankan hubungan yang baik dengan mitra bisnis MWC. GSMA berencana untuk memberikan perincian lebih lanjut pada akhir bulan Maret mendatang.

Sedikit informasi, kabarnya biaya yang mesti dikeluarkan exhibitor untuk berpartisipasi di MWC 2020 bervariasi, tergantung pada lokasi area stand. Adapun angka tersebut berkisar antara USD 14.000 hingga lebih dari USD 14 juta.

Pada gelaran tahun lalu, MWC berhasil mengantongi sekitar USD 500 juta dari biaya partisipasi peserta. Angka yang tidak sedikit tentunya. Masuk akal jika GSMA dibuat pusing ketika acara harus dibatalkan. (HR/IF)

SourceGizChina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI