Enam Bulan di ISS, 3 Astronot “Mudik” ke Bumi Pakai Kapsul Soyuz

Telset.id, Jakarta Astronot dari Kanada dan Amerika Serikat (AS), serta kosmonot Rusia berhasil kembali ke bumi menggunakan kapsul Soyuz dalam kondisi sehat walafiat. Mereka menghabiskan enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS.

Menurut laporan Globalnews, pesawat antariksa berupa kapsul Soyuz yang mereka tumpangi mendarat di Kazakhstan pada Selasa (25/6/2019), pukul 8.47 waktu setempat. Catatan tersebut lebih cepat satu menit dari jadwal.

Seperti dikutip Telset.id, kapsul Soyuz tiba di bumi setelah menjalani penerbangan selama tiga setengah jam. Dua astronot, yakni Anne McClain dan David Saint-Jacques, berhasil menyelesaikan misi pertama di luar angkasa.

Berbeda dengan sang komandan ekspedisi, Oleg Kononenko dari Rusia. Kosmonot itu menyelesaikan misi keempat di ISS. Total, mereka menghabiskan 204 hari di orbit. “Senang melihat segala macam cuaca,” kata kosmonot Kononenko.

Ketika McClain, David, dan Kononenko kembali ke bumi, astronot Nick Hague dan Christina Koch asal AS serta kosmonot Alexey Ovchinin asal Rusia tetap berada di ISS. Kosmonot Kononenko menjadi orang pertama yang keluar dari Soyuz.

Seketika keluar dari Soyuz, Kononenko terlihat lelah dan berwajah pucat. Namun, McClain dan Dabid justru tampak sangat bersemangat. Mereka mengancungkan jempol ke tim medis yang menyambut dengan tepuk tangan secara riuh.

McClain, David, dan Kononenko lalu didudukan di bangku kemah di bawah sinar matahari untuk beristirahat dan menjalani pemeriksaan. Mereka kemudian dibawa ke bandar udara untuk diterbangkan ke pangkalan masing-masing.

Sumber: Global News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI