Elon Musk: AI Bikin Manusia Mirip Simpanse

Elon Musk AI

Telset.id, Jakarta – Lama-lama, Artificial Intelligence (AI) atau robot akan membuat manusia mirip seperti simpanse. Itulah peringatan yang disampaikan oleh bos SpaceX dan Tesla, Elon Musk.

Ia mengklaim bahwa AI akan membuat robot menjadi tidak hanya secerdas manusia, tetapi jauh lebih pintar.

Pada acara di Shanghai bersama pendiri Alibaba, Jack Ma, Musk membandingkan kesenjangan kecerdasan antara manusia dan robot masa depan yang ditenagai AI.

{Baca juga: Hadapi AI, Elon Musk akan Ubah Manusia jadi Cyborg}

“Bisakah simpanse benar-benar mengerti manusia? Tidak juga. Manusia hanya tampak seperti alien,” katanya, dikutip Telset.id dari New York Post, Senin (02/09/2019).

Ia menambahkan, kebanyakan orang masih meremehkan kemampuan AI. Padahal, sebutnya, AI akan menjadi sesuatu yang jauh lebih pintar daripada manusia.

“Hal pertama yang Anda asumsikan adalah kami tampak sangat bodoh. Tapi, kami pasti dapat membuat hal-hal lebih pintar daripada diri Anda,” ujarnya.

Musk sering memberi peringatan tentang potensi bahaya kecerdasan buatan. Sebelumnya, ia mengatakan bahwa AI membawa risiko yang jauh lebih besar daripada Korea Utara.

{Baca juga: Takut Manusia Punah, Elon Musk Ingin Ciptakan Manusia Super}

Namun demikian, Musk telah mendirikan sebuah startup bernama Neuralink. Lewat perusahaan itu, ia akan menghubungkan otak manusia ke komputer.

Caranya, dengan memakai chip yang diimplan pada tengkorak manusia. Musk menjelaskan bahwa teknologinya akan melibatkan elektroda ke antarmuka neutron dalam level mikro.

Bentuknya semacam chip serta kabel-kabel kecil yang diimplan di tengkorak manusia melalui proses operasi. (SN/FHP)

Sumber: New York Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here