telset

Editor Robot di Wikipedia

Jakarta –  Serupa dengan ensiklopedia, Wikipedia sering dijadikan sumber informasi. Ada jutaan artikel terangkum di dalamnya. Bayangkan jumlah orang yang diperlukan untuk mengedit konten sebelum informasi diterbitkan dalam situs resminya. Ternyata, ada sesuatu yang membantu manusia untuk mengurus konten Wikipedia.

Wikipedia menyimpan banyak artikel. Jumlah artikel berbahasa Inggris saja mencapai lebih dari 4 juta. Belum lagi berbagai bahasa yang digunakan. Untuk menjaga kontennya, Wikipedia membekali situsnya dengan ratusan robot yang membersihkan berbagai tulisan untuk meringankan tugas manusia.

Robot-robot tersebut merupakan program yang berpatroli untuk mengurus hal-hal membosankan dan mengorganisir isi Wikipedia. Tugas lain yang robot lakukan adalah mengoreksi bahasa-bahasa vulgar dan konten yang berpotensi untuk merusak.

“Wikipedia akan berantakan tanpa robot,” ujar seorang adiministrator Wikipedia yang dilansir BBC dan dikutip Telsetnews,  Kamis (26/7).

Tetapi robot-robot tersebut tidak akan menggantikan manusia untuk mengisi kontennya karena dibutuhkan kemampuan analisis untuk menulis artikel, dan itu hanya dimiliki oleh manusia. Manusia pun dibutuhkan untuk membeberkan bukti-bukti dan membersihkan tata bahasa serta ejaan.[lkh/hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0