Samsung Kucurkan Rp 4 Triliun untuk Mobil Otonom

Telset.id, Jakarta – Mobil otonom dianggap sebagai moda transportasi masa depan. Itu sebabnya, beberapa perusahaan raksasa teknologi, seperti Google, Microsoft, Tesla, dan lainnya berlomba melakukan pengembangan mobil tanpa awak. Tak mau ketinggalan, Samsung dikabarkan juga ikut mendukung pengembangan mobil otonom.

Sebagai salah satu raksasa teknologi dunia, Samsung tentu saja tak mau ketinggalan terlibat dalam pengembangan mobil pintar tanpa awak atau biasa disebut juga autonomous car (mobil otonom). Namun berbeda dengan para pesaingnya, Samsung tidak terjun langsung membuat mobil otonom sendiri, melainkan lebih memilih untuk menyumbangkan uang ke beberapa perusahaan pengembang mobil otonom.

[Baca juga: Performa Chipset A11 Bionic Nyaris Setara MacBook Pro]

Dana yang dikucurkan Samsung untuk didonasikan terbilang cukup besar. Melalui Samsung Automotive Innovation Fund, perusahaan asal Korea Selatan itu dikabarkan telah menyalurkan bantuan hingga USD 300 juta atau sekitar Rp 4 triliun.

Salah satu perusahaan yang menerima bantuan adalah TTTech, dimana Samsung disebutkan telah menggelontorkan dana hingga USD 90 juta atau sekitar Rp 1 triliun. TTTech sendiri adalah perusahaan asal Austria yang mengembangkan perangkat dan software kemanan untuk mobil otonom.

[Baca juga: Fitur ‘Tarik Pesan’ Segera Sambangi WhatsApp?]

Selain itu, Samsung juga menyuntikan dana untuk Harman, produsen audio yang di caplok Samsung pada November lalu. Namun, Samsung masih enggan membeberkan teknologi otonom apa yang akan mereka kembangkan.

Hal ini langsung disampaikan oleh President and Chief Strategy Office Samsung Electronic, Young Sohn. Dia mengungkapkan rasa bahagianya karena perusahaan yang dipimpinnya ikut mendukung pengembangan teknologi mobil otonom.

“Teknologi otonom adalah bentuk komitmen kami untuk menghargai inovasi dan kolaborasi,” ujar Sohn, seperti dilansir dari laman TechCrunch. [NC/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI