Duh! Robot Mikroskopis akan Serang Tubuh Manusia (VIDEO)

Telset.id, Jakarta  – Sebaiknya Anda bersiap-siap karena robot mikroskopis segera menyerang tubuh manusia. Asisten robot kecil tersebut akan menjelajahi seluruh bagian tubuh untuk membuat kita tetap sehat.

Kemajuan di bidang robot telah mengubah hidup kita dalam banyak hal. Seringkali Anda bahkan tidak menyadarinya. Namun, sistem robotik otomatis telah menambahkan efisiensi dan kecepatan di sektor industri.

{Baca juga: Sebelum ke Mars, Ilmuwan Minta NASA Menjelajah Venus}

Sekarang, ketika para insinyur terus memajukan pekerjaan untuk robot yang lebih kecil, kemungkinan mesin mikroskopis suatu hari berjalan melalui tubuh menusia menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Dikutip Telset.id dari New York Post, Selasa (1/9/2020), studi baru yang diterbitkan di Nature menjelaskan beberapa kemajuan yang sedang dibuat dan menyoroti beberapa rintangan yang masih menghalangi.

Para peneliti di Cornell dan institusi lain telah mengembangkan robot jenis pertama yang menggunakan semikonduktor untuk memfasilitasi kendali jarak jauh eksternal. Mereka bergerak melalui impuls laser.

Ukuran robot tersebut cukup kecil sehingga berada tepat di rumah di samping mikroorganisme yang sudah hidup di dalam diri kita. “Ketebalannya 5 mikron, lebar 40 mikron, dan panjang maksimal 70 mikron,” ujar mereka.

Setiap robot terdiri atas sirkuit sederhana yang terbuat dari fotovoltaik silikon, yang pada dasarnya berfungsi sebagai batang tubuh dan otak. Setiap robot punya empat aktuator elektrokimia yang berfungsi sebagai kaki.

{Baca juga: Robot Sinar UVC Ini Bisa Mendisinfeksi Gudang dari Corona}

Ke depan, robot kecil seperti itu mampu melakukan banyak hal. Ilmuwan bermimpi besar, tetapi tidak sulit membayangkan robot mikroskopis mendapatkan kemampuan untuk mengirimkan obat ke seluruh organ.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI