Duh! Kominfo Kembali Temukan 86 Konten Hoaks Virus Corona

Hoaks Virus Corona

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mengidentifikasi konten hoaks terkait Virus Corona atau Novel Coronavirus (Covid-19). Hingga Rabu (12/02/2020), kominfo menemukan 86 konten hoaks terkait vrus tersebut di internet.

Berdasarkan keterangan yang diterima Tim Telset.id pada Kamis (13/02/2020), terjadi peningkatan jumlah hoaks terkait Virus Corona. Pasalnya pada Senin (03/02/2020) Kominfo mencatat sebanyak 54 informasi hoaks, disinformasi terkait virus mematikan tersebut. Kemudian, jumlah tersebut bertambah menjadi 86 hoaks. Rata-rata Kominfo menemukan 4 hingga 6 hoaks setiap harinya.

Menurut Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, hoaks virus Corona telah tersebar di beberapa daerah di Tanah Air seperti di Jakarta, Depok, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Solo, Jember, Jombang, Tulungagung Makassar, Medan, Palembang, Tarakan, Pontianak, Lombok hingga Banda Aceh.

{Baca juga : Daftar 36 Hoaks Virus Corona yang Menyebar di Medsos}

“Beragam jenis hoaks yang disebarkan misalnya, pasien terinfeksi virus Corona di Rumah Sakit maupun tersebar lewat Bandara dan tempat-tempat umum,” kata Ferdinandus.

Contoh hoaks yang ditemukan adalah, ada Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok ditemukan meninggal dunia karena Virus Corona di pembangunan proyek Apartemen Meikarta, Cikarang Selatan. Hoaks tersebut ditemukan pada Selasa (11/02/2020) di Facebook.

Informasi tersebut dibantah oleh Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan yang mengatakan bahwa, TKA Tiongkok yang meninggal disebabkan karena faktor kecelakaan kerja, bukan karena Virus Corona.

{Baca juga: Menkominfo: Sebaran Hoaks Virus Corona Meningkat 2 Kali Lipat}

Kominfo kembali mengimbau warganet untuk ikut memantau penyebaran informasi seputar Virus Corona. Jika mendapatkan informasi yang diduga hoaks, disinformasi atau kabar bohong, warganet dapat mengirim ke portal aduankonten.id, pesan WhatsApp di nomor 0811 922 4545 atau email di aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Virus Corona pertama kali ditemukan di wilayah Wuhan, China. Virus Corona merupakan virus jenis baru, yang sebelumnya diidentifikasi tidak akan menyebar ke manusia. Virus ini diduga tersebar dari hewan liar. Corona akan menyerang sistem pernafasan manusia dan berpotensi menyebabkan kematian. [NM/IF]

 

Previous articleSamsung Galaxy S20 Bisa Rekam Video 8K, Berapa Ukuran Filenya?
Next articleTelkomsel Lebih Untung, Erick Thohir: Telkom Tutup Aja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here