telset

Duh, 89% Pengemudi Gunakan Ponsel Saat Berkendara

Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta – Tingkat kecelakaan akibat menggunakan perangkat ponsel saat berkendara terus meningkat. Ponsel seperti tidak bisa terlepas dari genggaman, orang kini lebih memilih ketinggalan dompet dibandingan ponsel.

Menurut hasil survey yang dilakukan McKinsey yang disebut ‘Mobility of the Future’, tercatat 35 persen pemilik ponsel menggunakan perangkat ponselnya saat berkendara. 39 persen diantaranya menggunakan ponsel untuk berkirim pesan teks saat mengemudi.

McKinsey juga menemukan, 89 persen dari pengguna ponsel mengaku menyetir sambil melakukan panggilan suara. Namun, ada pula yang memanfaatkan smartphone sebagai petunjuk arah. Sebanyak 68 persen terlibat dengan smartphone mereka saat mengaktifkan aplikasi navigasi arah.

Seperti yang telsetNews kutip dari PhoneArena, Kamis (17/1), selain McKinsey, penelitian juga dilakukan oleh Detroit Auto Show. Mereka membagi konsumen menjadi 6 kelompok. Salah satu kelompok menunjukkan bahwa 96 persen respondennya memiliki mobil sendiri, dimana 24 persen diantaranya mengemudi sambil menggunakan smartphone.

Jumlah kasus kecelakaan akibat kelalain pengemudi yang menggunakan perangkat ponselnya terus meningkat setiap tahun. Di Amerika Serikat, setiap tahun selalu terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian karena ber-SMS saat mengemudi. Angka tersebut kini mencapai 100 ribu kasus.

Sejumlah kampanye pun telah dilakukan untuk mengurangi kecelakaan mobil akibat pengendara menggunakan smartphone-nya. Salah satunya dilakukan salah satu operator telekomunikasi di Amerika Serikat, AT&T. Bagaimana dengan para operator di Indonesia? [lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0